Selasa, 13 November 2012

Contoh soal sesuai kisi kl 8


CONTOH SOAL : UAS GASAL SESUAI KISI-KISI KL 8
SK1 KD 1.1
1. Menyampaikan operasi tambah, kurang, kali, bagi, dan pangkat pada bentuk Aljabar
1.
Bentuk sederhana dari 2(4p + 3q – 5r)- 3(p-2 p + r) adalah…
Jawab:  2( 4p + 3q – 5r) – 3( p – 2 q + r) =
              8p + 6q – 10r – 3p + 6q – 3r      =
        (8p – 3 p) + (6q + 6q) + (-10r – 3r)  =
               5p + 12q – 13r
SK1 KD 1.2
2. Menentukan faktor bentuk aljabar
2.
Hasil dari (3p + 5) (2p – 1) adalah …
Jawab: ( 3p + 5)(2p – 1)  =
            3p.2p + 3p.(-1) + 5.2p + 5.(-1) =
              6 p² - 3 p + 10p -5                  =
              6 p² + 7p - 5
SK1 KD1.3
3. Menyederhanakan bentuk aljabar dengan memfaktorkan
3.
Salah satu faktor dari x² - 11x + 30 adalah…
Jawab: x² - 11x + 30 = x² - 6x -5x + 30 =
                                   x(x-6) – 5(x-6)     =
                                    ( x – 5) (x-6)
SK1 KD 1.3
4. Menyatakan suatu relasi dan fungsi dengan notasi, diagram, atau grafik
4.
Relasi yang tepat dari himpunan A ke himpunan B yang ditunjukkan oleh grafik berikut adalah …
                                                           Jawab: relasi dari A ke B : satu lebihnya dari
SK1 KD1.4
5. Menghitung nilai fungsi
5.
Diberikan fungsi   f : x ® 2x – 10. Nilai dari f(-8) = …
Jawab:  f : x ®2x – 10
            f(x) = 2x – 10                 f(-8) = 2. (-8) – 10 = -16 – 10 = - 26
SK 1 KD 1.4
6. Menentukan bentuk fungsi
6.
Perhatikan table di atas, rumus fungsi f(x) adalah …
Jawab:
\ f(x) = 2 x + 1
SK 1 KD 1.5
7. Menggambar grafik fungsi pada koordinat Cartesius
7.
Himpunan pasangan berurutan yang tepat dari gafik Cartesius di samping adalah …
Jawab:
{(1,2), (2,4), (3,5), (4,4), (5,2) }
 
SK 1 KD 1.6
8. Menentukan gradien
8.
Gradien dari garis 3x – 6y + 1 = 0 adalah…
Jawab:     3x – 6y + 1 = 0
 Û              - 6y          = -3x – 1
 Û                  y          =   x -
 Û                  y          =   x  +
                        \   m =     
SK 1 KD 1.6
9. Menentukan persamaan garis dan grafiknya
9.
Perhatikan gambar garis berikut!
Persamaan garis j adalah…
Jawab:  garis j memotong sb x di (-4,0)
             garis j memotong sb y di (0,3)
gradien garis j : m =   =   =
persamaan garis j m=, melalui titik (0,3),
y-y1 = m ( x-x1) ;  y-3=  (x-0); 4y -12 = 3x
 



SK 2 KD 2.1
10. Menentukan penyelesaian sistem persamaan linear dua variabel
10.
Himpunan penyelesaian dari  ( x – 2y) = 9 dan   = 1 adalah …
Jawab :   ( x – 2y) = 9
Û         3x – 6y      = 18    (1)
                      =  1
Û         3x + 2y      =  2     (2)
Eliminasi x :
                        3x – 6y = 18
                        3x + 2y = 2   -
                        -6y – 2y=18-2
                               -8y =16
                                   y= = -2
Substitusi y = -2, ke persamaan (1):
                      3x – 6y     = 18
                      3x – 6(-2) =  18
                      3x             =  18 – 12 = 6
                                     x=             = 2
\HP = {(2,-2)}            
                        
SK 2 KD 2.2
11. Membuat model matematika dari masalah sehari-hari yang berkaitan dengan SPLDV
11.
Diketahui jumlah dua buah bilangan bulat adalah 57, sedangkan selisihnya  adalah 23. Model matematika yang tepat untuk keadaan tersebut adalah…
Jawab:  Misal : x = bilangan bulat ke-1
                         y = bilangan bulat ke-2
Model matematika :  2x + 2y = 57
                                  2x  - 2y = 23 
SK 2 KD 2.3
12. Menyelesaikan model matematika masalah sehari-hari yang berkaitan dengan SPLDV
12.
Satu tahunlalu umur Budi dua kali umur Andri, sementara dua tahun yang akan datang umur Andri adalah   umur Budi. Umur Andri sekarang adalah …
Jawab: Misal   : x = umur Budi ;      y = umur Andri
            Model  :  x- 1 = 2y … (1)    ;    y + 2 =   x  … (2)
            Persamaan (1) diubah menjadi :  x = 2y + 1 … (3)
            Substitusi persamaan (3) ke persamaan (2):
                   y+ 2  = .(2y+1)
Û        3y  + 6     =  4y + 2
Û       -y              =  2 – 6  = -4
Û        y              =  4
Substitusi y= 4, ke persamaan (3):
           x= 2.4 + 1 = 8 +1 = 9
\ Umur Andri sekarang adalah 4 tahun.            
SK 3 KD 3.1
13. Menentukan rumus Pythagoras, Tripel Pythagoras
13.
Tentukan kumpulan bilangan yang termasuk tripel Pythagoras, paling sedikit satu.
C=5
 
Jawab:  3, 4, 5                  c= 5, b = 4, a = 3
           5²= 3²+ 4²
 
a=3
 
       25= 9  + 16
b=4
 
       25= 25

SK 3 KD 3.2
14. Menghitung panjang sisi-sisi segitiga siku-siku.14. Segitiga KLM siku-siku d di L. Jika KL = 6 cm, dan KM = 10 cm, maka panjang LM adalah …
TP : KM²=KL²+LM²; LM²=KM²-KL²
            = 10²-6²=100-36=64
     LM =Ö64 = 8 cm


 
Jawab:                                                 


 





SK 3 KD 3.3
15. Menghitung panjang diagonal, keliling, atau luas pada bangun datar yang berkaitan dengan Teorema Pythagoras
15.
Diberikan sebuah persegi dengan luas 50 cm².
Hitunglah : a. panjang sisi!    B. panjang diagonalnya!
Jawab:  a. Lp = s²
                 50 = s²
                   s=   Ö50 = 5 Ö2 cm
            b. Panjang diagonal:
                   d²= s²+s²      = (Ö50)²+(Ö50)²       = 100
                                        d=Ö100=10    cm                                     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar