CONTOH SOAL : UAS GASAL SESUAI KISI-KISI KL 8
SK1
KD 1.1
|
1.
Menyampaikan operasi tambah, kurang, kali, bagi, dan pangkat pada bentuk
Aljabar
|
||||||||
1.
|
Bentuk
sederhana dari 2(4p + 3q – 5r)- 3(p-2 p + r) adalah…
Jawab: 2( 4p + 3q – 5r) – 3( p – 2 q + r) =
8p + 6q – 10r – 3p + 6q –
3r =
(8p – 3 p) + (6q + 6q) + (-10r –
3r) =
5p + 12q – 13r
|
||||||||
SK1
KD 1.2
|
2.
Menentukan faktor bentuk aljabar
|
||||||||
2.
|
Hasil
dari (3p + 5) (2p – 1) adalah …
Jawab:
( 3p + 5)(2p – 1) =
3p.2p + 3p.(-1) + 5.2p + 5.(-1) =
6 p²
- 3 p + 10p -5 =
6 p²
+ 7p - 5
|
||||||||
SK1
KD1.3
|
3.
Menyederhanakan bentuk aljabar dengan memfaktorkan
|
||||||||
3.
|
Salah
satu faktor dari x² - 11x + 30 adalah…
Jawab:
x² - 11x + 30 = x²
- 6x -5x + 30 =
x(x-6) –
5(x-6) =
( x – 5)
(x-6)
|
||||||||
SK1
KD 1.3
|
4.
Menyatakan suatu relasi dan fungsi dengan notasi, diagram, atau grafik
|
||||||||
4.
|
Relasi
yang tepat dari himpunan A ke himpunan B yang ditunjukkan oleh grafik berikut
adalah …
Jawab: relasi dari A ke B : satu lebihnya dari
|
||||||||
SK1
KD1.4
|
5.
Menghitung nilai fungsi
|
||||||||
5.
|
Diberikan
fungsi f : x ® 2x – 10. Nilai dari f(-8) = …
Jawab: f : x ®2x
– 10
f(x) = 2x – 10 f(-8) = 2. (-8) – 10 = -16 –
10 = - 26
|
||||||||
SK
1 KD 1.4
|
6.
Menentukan bentuk fungsi
|
||||||||
6.
|
Perhatikan
table di atas, rumus fungsi f(x) adalah …
Jawab:
\ f(x) = 2 x +
1
|
||||||||
SK
1 KD 1.5
|
7.
Menggambar grafik fungsi pada koordinat Cartesius
|
||||||||
7.
|
Himpunan
pasangan berurutan yang tepat dari gafik Cartesius di samping adalah …
|
||||||||
SK
1 KD 1.6
|
8.
Menentukan gradien
|
||||||||
8.
|
Gradien
dari garis 3x – 6y + 1 = 0 adalah…
Jawab: 3x – 6y + 1 = 0
Û - 6y = -3x – 1
Û y =
x -
Û y =
x +
\
m =
|
||||||||
SK
1 KD 1.6
|
9.
Menentukan persamaan garis dan grafiknya
|
||||||||
9.
|
Perhatikan
gambar garis berikut!
|
||||||||
SK
2 KD 2.1
|
10.
Menentukan penyelesaian sistem persamaan linear dua variabel
|
||||||||
10.
|
Himpunan
penyelesaian dari ( x – 2y) = 9 dan
= 1 adalah …
Jawab
:
( x – 2y) = 9
Û 3x – 6y = 18
… (1)
= 1
Û 3x + 2y =
2 … (2)
Eliminasi
x :
3x – 6y = 18
3x + 2y = 2 -
-6y – 2y=18-2
-8y =16
y= = -2
Substitusi
y = -2, ke persamaan (1):
3x – 6y = 18
3x – 6(-2) = 18
3x = 18 – 12 = 6
x= = 2
\HP = {(2,-2)}
|
||||||||
SK
2 KD 2.2
|
11.
Membuat model matematika dari masalah sehari-hari yang berkaitan dengan SPLDV
|
||||||||
11.
|
Diketahui
jumlah dua buah bilangan bulat adalah 57, sedangkan selisihnya adalah 23. Model matematika yang tepat
untuk keadaan tersebut adalah…
Jawab: Misal : x = bilangan bulat ke-1
y = bilangan bulat
ke-2
Model
matematika : 2x + 2y = 57
2x - 2y = 23
|
||||||||
SK
2 KD 2.3
|
12.
Menyelesaikan model matematika masalah sehari-hari yang berkaitan dengan
SPLDV
|
||||||||
12.
|
Satu
tahunlalu umur Budi dua kali umur Andri, sementara dua tahun yang akan datang
umur Andri adalah
umur Budi. Umur Andri sekarang adalah …
Jawab:
Misal : x = umur Budi ; y = umur Andri
Model : x-
1 = 2y … (1) ; y + 2 =
x … (2)
Persamaan (1) diubah menjadi
: x = 2y + 1 … (3)
Substitusi persamaan (3) ke
persamaan (2):
y+ 2 = .(2y+1)
Û 3y
+ 6 = 4y + 2
Û -y = 2 – 6
= -4
Û y = 4
Substitusi
y= 4, ke persamaan (3):
x= 2.4 + 1 = 8 +1 = 9
\ Umur Andri sekarang
adalah 4 tahun.
|
||||||||
SK
3 KD 3.1
|
13.
Menentukan rumus Pythagoras, Tripel Pythagoras
|
||||||||
13.
|
Tentukan
kumpulan bilangan yang termasuk tripel Pythagoras, paling sedikit satu.
5²= 3²+ 4²
|
||||||||
SK
3 KD 3.2
|
14.
Menghitung panjang sisi-sisi segitiga siku-siku.14. Segitiga KLM siku-siku d
di L. Jika KL = 6 cm, dan KM = 10 cm, maka panjang LM adalah …
|
||||||||
SK
3 KD 3.3
|
15.
Menghitung panjang diagonal, keliling, atau luas pada bangun datar yang
berkaitan dengan Teorema Pythagoras
|
||||||||
15.
|
Diberikan
sebuah persegi dengan luas 50 cm².
Hitunglah
: a. panjang sisi! B. panjang
diagonalnya!
Jawab: a. Lp = s²
50 = s²
s= Ö50
= 5 Ö2 cm
b. Panjang diagonal:
d²= s²+s²
=
(Ö50)²+(Ö50)² = 100
d=Ö100=10 cm
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar