Jumat, 11 November 2011

KONSTRUKSI PI


KONSTRUKSI  PI (p)
  Seharusnya setiap objek mempunyai nilai K/D yang sama, yaitu K/D = 3,14.
   Tahun 1737, Leonard Euler asal Swiss, menamakan K/D = p
  Nilai eksak p, tidak dapat ditentukan, hanya pendekatan.
  Nilai p mendekati 50 tempat desimal, yaitu
  p = 3,14159265358979323824626433832795028…
  Metode Archimedes didasarkan pada fakta bahwa keliling suatu poligon (segi banyak) n beraturan lebih kecil daripada keliling suatu lingkaran yang mengelilingi poligon itu.
  3,14085 < p < 3,142857, dan dari daftar di atas, konsep Archimedes menjelaskan bahwa untuk jumlah sisi yang bertambah besar menghasilkan nilai p yang lebih akurat.
 Pendekatan Geometri p
  Tahun 1685, Father Adam Kochansky, seorang pustakawan raja John III Polandia.
  Buatlah sebuah lingkaran satuan, kemudian lukis segmen garis singgung QR yang panjangnya 3 kali panjang jari-jari. Buatlah diameter tegak lurus terhadap QR di Q sebagai titik perpotongan dan sekaligus sebagai titik singgungnya. Buatlah sebuah garis d sebagai garis singgung pada ujung lainnya dari diameter tadi sehingga ukuran sudut pusatnya sebesar 30°. Hubungkan titik-titik dan perpanjangan segmen tadi untuk membuat gambar seperti tampak di bawah ini. Kini Anda telah siap menghitung nilai p, yaitu jika panjang jari-jarinya 1 maka panjang garis c menyatakan nilai pendekatan untuk p.
 Analisis:
  Jika r = 1, dalam DPQR, (a+2)²+3² = (b+c)²…..(1)
  Kesebangunan D, a/(a+2)=d/3 ….(2)
  Juga b/(b+c) = d/3…..(3)
  Dari persamaan (2) diperoleh 3a = ad + 2d
  Û a = 2d /(3-d)
  Tetapi, tan 30° = d/1 = d = Ö3/3
  Oki,a = 2(Ö3)/3:3(Ö3)/3=2(Ö3):(9-Ö3)..(4)
  Dr. pers. (3) diperoleh b = cd/(3-d) =
  cÖ3/(9-Ö3)………………….(5)
   Dengan mensubstitusi persamaan (4) dan (5) ke dalam persamaan (1), maka
  (2Ö3/3:3Ö3/3+2)² + 9 = (cÖ3/(9-Ö3) + c)²
  Û c = Ö40/3- 2Ö3 = 3, 141533
  Dari seluruh penjelasan di atas tentang nilai p tak satupun yang merupakan nilai eksak (pasti), tetapi merupakan pendekatan saja. Osb, suatu hal yang tak mungkin mengkonstruksi nilai p dengan jangka dan penggaris.
 Tugas KIR 3:
  1. Sebutkan manfaat p dalam kehidupan sehari-hari.
  2. K = 2pr², p=3,14, r=7, tentukan K?
  3. L= p r², p= 22/7, r=7, tentukan L?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar