Lembar kerja 3:
Tujuan :
Setelah mengikuti kerja kelompok dengan menggunakan
kartu warna pertidaksamaan linear satu
veriabel,
1. Siswa
dapat menyelesaikan pertidaksamaan dengan operasi jumlah,
2. Siswa
dapat menyelesaikan pertidaksamaan dengan operasi kurang,
3. Siswa
dapat menyelesaikan pertidaksamaan dengan operasi perkalian,
4. Siswa
dapat menyelesaikan pertidaksamaan dengan operasi pembagian.
Catatan:
Dengan aturan kartu warna sama dengan pada persamaan
kita lihat contoh berikut ini.
Perbedaan penting antara persamaan linear satu
variabel dengan pertidaksamaan linear satu variabel ditunjukkan ketika kita
mengali atau membagi kedua sisi pertidaksamaan dengan bilangan bukan nol.
a. Ketika
kalian mengalikan atau membagi kedua sisi dengan bilangan positif , maka tanda ketidaksamaan tidak berubah. Perhatikan
tabel berikut.
Jika a < b maka a x c < b x
c Jika a < b maka a/b < b/c
Jika a > b maka a x c > b x c Jika
a > b maka a/c > b?c
Perhatikan contoh berikut: Perhatikan contoh berikut:
-
4
< 2 - 4 < 2
-
4
x 3 < 2 x 3
-4/3 < 2/3
-
12
< 6 <
- 4/3 < 2/3
Sifat ini juga berlaku
untuk £ dan ³
b.
Kekita kalian mengalikan atau
membagi kedua sisi dengan bilangan
negatif, maka tanda ketidaksamaan berubah. Perhatikan tabel berikut.
Jika a < b maka a x c < b x c Jika a < b maka a/c < b/c
Jika a > b maka a x c > b x
c Jika a > b maka a/c > b/c
Perhatikan contoh berikut: Perhatikan contoh berikut:
-
4 < 2 - 4 >
-2
-
4(-2)
> 2 x (-2) 4/ -2 < -2/-2
8 > -4 -2 < 1
Sifat
ini juga berlaku untuk £ dan ³.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar