Kamis, 07 November 2019

RPP OUT DOOR


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                                  :         SMP N 2 Kutasari
Mata Pelajaran                     :         Matematika
Kelas/semester                      :         VII/Satu
Materi Pokok                        :         Persamaan lInear Satu Variabel
Alokasi Waktu                      :          (2  x 40 menit/7 JP)
Pertemuan                              :         ke-2  

A.      Kompetensi Inti
1
:
Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2
:
Menunjukkan perilaku:
a. jujur,
b. disiplin,
c. santun,
d. percaya diri,
e. peduli, dan
f. bertanggung jawab
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangga, dan negara.
3
:
Memahami pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat dasar dengan cara :
a. mengamati,
b. menanya, dan
c. mencoba
Berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
4
:
Menunjukkan keterampilan berfikir dan bertindak:
a. kreatif
b. produktif,
c. kritis,
d. mandiri,
e. kolaboratif, dan
f. komunikatif
Dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan tindakan yang mencerminkan perilaku anak sesuai dengan tahap perkembangannya.

B.       Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

No
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
  1.  
3.6.  menjelaskan persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel dan penyelesaiannya








4.6  menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel.
3.6.1.  menjelaskan persamaan linear satu variabel
.
3.6.2  menjelaskan penyelesaian persamaan linear satu variabel dengan operasi penjumlahan dan pengurangan.
3.6.3  menjelaskan penyelesaian persamaan linear satu variabel dengan perkalian atau pembagian.

4.6.1. menyelesaiakan permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan persamaan linear satu variabel.

C.      Tujuan Pembelajaran

1.      Pertemuan Pertama 
Melalui diskusi kelompok :
a. Peserta didik dapat menjelaskan keadaan sama dalam sebuah percabaan di luar kelas.
b. Peserta didik dapat menjelaskan penyelesaian permasalahan dari pengamatan inquiry di luar kelas ke dalam bentuk persamaan
.

Fokus pengembangan karakter:  kejujuran, kedisiplinan, menghargai pendapat teman, keaktifan

D.      Materi Pembelajaran 

Pertemuan Pertama

Persamaan adalah kalimat terbuka yang dihubungkan dengan tanda sama dengan..
Variabel pada kalimat terbuka berpangkat satu dan hanya satu.
E.       Metode Pembelajaran
       Pertemuan pertama          : Model Pembelajaran Discovery Learning
F.       Media, Alat dan Sumber Pembelajaran
             1.     Media
Media kertas warna origami, kertas kardus
             2.     Alat dan bahan
Timbangan dari papan kayu, buku tulis dan buku paket
 Sumber pembelajaran
Buku paket Matematika kelas VII kerikulum 2013, LKS
G.      Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan 2 (2 Jam Pelajaran/80 menit)

KEGIATAN PENDAHULUAN
GURU
SISWA
WAKTU
KARAKTER
Guru memberikan salam kepada siswa di dalam kelas.
Siswa menjawab salam yang diberikan guru di dalam kelas,
2 menit
Religius
Guru mengajak siswa berdo’a bersama sebelum memulai pelajaran
Siswa bersama guru memanjatkan do’a awal pemelajaran.
3 menit
Religius
Guru memberitahukan tujuan pembelajaran bpenyelesian persamaan linear satu variabel.
Siswa memperhatikan guru untuk penjelasan tentang tujuan pembelajaran persamaan linear satu variabel.
2 menit
Religius
Guru memberitahukan pentingnya mempelajari penyelesaian persamaan linear satu variabel.
Siswa memperhatikan guru dan bertanya mengapa penyelesaian persamaan linear satu variabel dipelajari sungguh-sungguh.
5 menit
Jujur
Guru memberikan apersepsi bagaimana bentuk jungkat jungkit timbangan buku dapat terjadi?
Siswa mendengarkan apersepsi guru.
3 menit
Jujur
Guru menyampaikan kepada siswa bahwa akan melaksanakan pembelajaran dengan berkelompok. Setiap kelompok berjumlah empat siswa.
Siswa mengelompok menjadi delapan kelompok dengan setiap kelompok terdiri dari empat siswa.
5 menit
Kerja sama
KEGIATAN INTI
GURU
SISWA
WAKTU
KARAKTER
Guru menampilkan masalah di luar kelas:
Permasalahan :
Akan menyelidiki di luar kelas berapa imbangan berat buku paket matematika dengan buku tulis siswa.
Siswa  secara berpasangan mempraktekan menimbang buku paket dan buku tulis di luar kelas.
Permasalahan :
Mula-mula salah satu ujung diisi dengan satu buku paket dan tiga buku tulis., maka ujung papan kayu yang lain akan diisi dengan enam buku tulis.
 2 menit
Jujur
1.          Guru mendorong Peserta didik  untuk mengajukan pertanyaan berdasarkan pengamatan yang dilakukan. (merumuskan Pertanyaan)

2.          Apabila proses bertanya dari peserta didik kurang lancar, Guru melontarkan pertanyaan penuntun/ pancingan secara bertahap.
          Contoh pertanyaan penuntun/pancingan:
1.       Apakah setiiap mengambil satu buku tulis di ujung yang ada buku paketnya menyebabkan papan kurang seimbang?
(merumuskan Pertanyaan)
 Siswa menanggapi tugas untuk bertanya.
Pertanyaan siswa ada yang berhubungan dengan permasalahan. Ada yang tidak berhubungan dengan permasalahan.
1.      Bagaimana supaya papan kayu seimbang untuk menjadikan buku paket saja di ujung buku paket?
2.       Berapa banyak buku tulis di ujung buku paket harus diambil?
3.       Berapa banyak buku tulis di ujung buku tulis harus diambil agar keadaan papan kayu seimbang?
10menit
Jujur
(merumuskan Pertanyaan)
3.          Guru memberikan mootivasi,secara berkelompok 3-4 orang, supaya  mencari dan menuliskan informasi pada permasalahan, khususnya terkait informasi: apa yang diketahui dan apa yang ditanyakan dari permasalahan.
4.          Apabila proses mengumpulkan informasi dari peserta didik kurang lancar, Guru melontarkan pertanyaan penuntun/pancingan secara bertahap.
        Contoh pertanyaan penuntun/pancingan:
a.    Jika banyak buku tulis diambil sati di ujung buku paket, maka di ujung buku tulis haruskah diambil satu juga?
b.    dst

(merumuskan Pertanyaan)
 Siswa mengajukan pertanyaan sesuai dengan permasalahan yang sedang dibahas.
10 menit
 Addil
(merencanakan )
Guru memberikan, secara berkelompok , dan. Guru berkeliling untuk membimbing peserta didik, terutama untuk mengamati model kartu warna yang disediakan guru sebagai hasil pembahasan pengamatan di luar kelas tadi.
(merencanakan )

peserta didik mendiskusikan Lembar Kerja yang diberikan Guru
7 menit
Ju jur
(Mengumpulkan dan menganalisa data)
5.          Guru memfasilitasi  peserta didik melakukan pemeriksaan secara cermat dari tabel pada LK, secara berkelompok.
Guru meminta siswa menuliskan kesimpulan hasil diskusinya pada kertas kerja kelompok dan individual.
(Mengumpulkan dan menganalisa data)
 Siswa meneliti LK dan mendiskusikan tugas kelompok.
Siswa meneliti LK mengerjakan tugas individual.
Siswa menuliskan hasil diskusi di ertas diskusi kelompok.
Siswa menuliskan hasil ide individual di kertas kerja individual.
10 menit
Kerja keras
6.          (Menarik simpulan)
Guru mempersilahkan beberapa kelompok mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas.
7.          (Menarik simpulan)

10 menit
Keja keras
Guru memberikan reward kepada ke lompok terbaik.
Guru memberikan reward kepada siswa terbaik.
Siswa menerima reward dari guru mewakili kelompok.
Siswa secara individual menerima reward dari guru.
3 menit
Jujur
KEGIATAN PENUTUP
GURU
SISWA
WAKTU
KARAKTER
 Guru  merefleksi kegiatan yang telah dilakukan. (Aplikasi dan tindak lanjut)

siswa merefleksikan kegiatan yang telah dilakukan (aplikasi dan tindak lanjut)
2 menit
_
 Guru  membuat kesimpulan mengenai bentuk aljabar dan unsur-unsurnya.

Siswa membuat kesimpulan mengenai bentuk aljabar dan unsur-unsurnya.
2 menit
_
Guru memberikan evaluai (instrumen terlampir)

Siswa mengerjakan evaluasi yang diberikan guru.
5 menit
_
Guru memberikan Tugas rumah untuk membuat model kartu warna dengan menggunakan kertas kardus yang diberi warna
Siswa mencatat tugas rumah dari guru.
2 menit
_
Guru menyampaikan materi berikutnya, untuk dipelajari di rumah, yaitu tentang penyelesaian persamaan linear satu variabel dengan perkalian atau pembagian.
Siswa mencatata materi yang harus dipelajari di rumah yaitu tentang penyelesaian persamaan linear satu variabel dengan operasi perkalian atau pembagian..
2 menit
_
Guru meminta siswa menutup pelajaran.
Salah seorang peserta didik memimpin berdoa untuk menutup pelajaran.
2 menit
_

G.      Penilaian

1.         Teknik Penilaian

a.   Kompetensi Sikap Spiritual

No.
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Butir Instrumen
Waktu Pelaksanaan
Keterangan
1
Observasi
Lembar observasi
(Catatan Jurnal)
Terlampir

Saat pembelajaran berlangsung
Penilaian untuk dan pencapaian pembelajaran (assessment for and of learning)

b.   Sikap Sosial

No.
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Butir Instrumen
Waktu Pelaksanaan
Keterangan
1
Observasi
Lembar observasi
(catatan jurnal)
Terlampir

Saat pembelajaran berlangsung
Penilaian untuk dan pencapaian pembelajaran (assessment for and of learning)


c.    Kompetensi Pengetahuan

No
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Butir Instrumen
Waktu Pelaksanaan
Keterangan
1
Tes Tertulis
Uraian
Terlampir




Saat pembelajaran berlangsung
Penilaian untuk pembelajaran (assessment for learning) dan sebagai pembelajaran (assessment as learning)






d.   Kompetensi Keterampilan

No.
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Butir Instrumen
Waktu Pelaksanaan
Keterangan
1
Praktik
Uraian

Di saat Proses Belajar Mengajar
Penilaian untuk, sebagai, dan/atau pencapaian pembelajaran (assessment for, as, and of learning)


2.      Pembelajaran Remedial
Berdasarkan hasil analisis ulangan harian, peserta didik yang belum mencapai ketuntasan belajar diberi kegiatan pembelajaran remedial dalam bentuk;
a.    bimbingan perorangan jika peserta didik yang belum tuntas ≤ 20%;
b.    belajar kelompok jika peserta didik yang belum tuntas antara 20% dan 50%; dan
c.    pembelajaran ulang jika peserta didik yang belum tuntas ≥ 50%.

3.      Pembelajaran Pengayaan
Berdasarkan hasil analisis penilaian, peserta didik yang sudah mencapai ketuntasan belajar diberi kegiatan pengayaan dalam bentuk penugasan untuk menyelesaikan soal-soal HOTS terkait bentuk aljabar.






Mengetahui                                         Kutasari ,    November  2019
Kepala SMP N 2 Kutasari                              Guru Mapel Matematika



            Soderi, S.Pd, M.Pd                                          Prich Purwanti, S.Pd
NIP. 197312122003121005                           NIP. 197109081998022002











































LEMBAR KERJA SISWA

Kegiatan : (K.D. 3.6.1 s.d. 3.6.3)







Kegiatan Evaluasi Individual:



CATATAN JURNAL PERKEMBANGAN SIKAP SPIRITUAL DAN SIKAP SOSIAL

Kelas              :
Materi            :

Jurnal Sikap Spiritual

No
Waktu
Nama
Peserta Didik
Catatan Perilaku
Butir Sikap
Ttd
Tindak Lanjut
1.











2.
4














dst








Jurnal Sikap Sosial
No
Tanggal
Nama Peserta Didik
Catatan Perilaku
Butir Sikap

Ttd
Tindak Lanjut
1







2







3







dst




































 LAMPIRAN

PEDOMAN PENILAIAN PENGETAHUAN(EVALUASI)
                                   
    1. Buatlah suatu cerita yang bermakna bentuk aljabar 4x + 8. Perjelas makna variabel dari cerita yang kalian buat.
2. Buat suatu bentuk aljabar yang memiliki koefisien 2 dan konstanta -13. Buat suatu cerita yang hasilnya adalah bentuk aljabar tersebut.
3. tentukan suku, suku sejenis, variabel, koefisien dan konstanta dari bentuk-bentuk aljabar berikut:  a. 9x     ,  b.  3 + 6y + 2,    c. 7 - 8 q – 11  + q + 12 p
4. Sederhanakan bentuk-bentuk aljabar berikut: a 5x – 3x ,  b. 7 – 2x – x.
5. Tuliskan bentuk Aljabar yang memuat 4 suku dan dapat disederhnakan menjadi 2 suku.
     
Pedoman Penskoran
Nomor Soal
Deskripsi Jawaban
Skor
1.
 bentuk aljabar 4x + 8.
Cerita: Pak Tohir membeli 4 kardus buku dan 8 buku,
Kardus buku adalah variabel yang tidak diketahui berapa banyak bukunya.


1
1


2.
koefisien 2 dan konstanta -13
jawab: 2x – 13
cerita :
Eric membeli 2 kardus buku dan dari salah satu kardus diambil 13 buku.

1

1

3.
a. 9x , jawab : koefisien 9, variabel x
b.  3 + 6y + 2, jawab : koefisien =3, y = 6, variabel x,y, konstanta 2,
c. 7 - 8 q – 11  + q + 12 p , jawab: koefisien =7, -11,   q= -8, 1,  p = 12, variabel : p, q .
2
5

7


4.
 a 5x – 3x, jawab:  2x
b.7 – 2x – x, jawab: 7-3x

1
1
5.
Bentuk aljabar 4 suku disederhanakan 2 suku.
Jawab: 2x + 3y – 6x + 7y= (2-6) x +(3+7)y = - 4x + 10y

1

Jumlah
21

Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :


        NA  =  x 100




KISI-KISI SOAL EVALUASI

No
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Bentuk Soal
Jumlah soal
  1.  
3.5.   Menjelaskan bentuk aljabar dan melakukan operasi pada bentuk aljabar (penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian)










4.5 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bentuk aljabar & operasi pada bentuk aljabar.


3.5.1.  Menjelaskan bentuk aljabar variabel.
3.5.2.  Menjelaskan bentuk aljabar konstanta
3.5.3   Menjelaskan bentuk aljabar koefisien.
3.5.4.  Menjelaskan bentuk aljabar suku.
3.5.5  Menjelaskan bentuk aljabar suku sejenis.
3.5.6  Menjelaskan bentuk aljabar sederhana.


4.5.1. mengubah permasalahan sehari-hari ke bentuk aljabar.










Uraian



Uraian




Uraian




Uraian





Uraian

1



1




1



1






1








Tidak ada komentar:

Posting Komentar