Lembar Kerja 2:
Metode : Problem Based Learning.
Tujuan: Melalui permainan kartu warna persamaan :
1. Siswa
dapat menyelesaikan persamaan dengan menggunakan penjumlahan.
2. Siswa
dapat menyelesaikan persamaan dengan menggunakan pengurangan.
3. Siswa
dapat menyelesaikan persamaan dengan menggunakan perkalian.
4. Siswa
dapat menyelesaikan persamaan dengan menggunakan pembagian.
Alat dan bahan:
Kartu warna terdiri dari variabel,
operasi jumlah, kurang, kali, bagi.
Ukuran kartu : 3 x 3.
Warna kartu: merah : operasi
Warna kartu hijau : bilangan
Warna kartu biru : variabel
Warna kartu ungu : koefisien
Warna kartu kuning : sama dengan
Permasalahan:
Perhatikan masalah berikut ini:
1. Terdapat
empat beban yang sudah diketahui beratnya dan sebuah bola yang belum diketahui
beratnya di lengan kiri timbangan. Yang kesemuanya seimbang dengan tujuh beban
di lengan kanan timbangan. Berapa berat satu bola?
2. Tiga
beban berbentuk bola dan enam koin seimbang dengan duabelas koin. Berapakah berat
sebuah bola?
Petunjuk:
Permasalahan ke 1: merupakan
masalah penyelesaian persamaan dengan menggunakan jumlah atau kurang.
Permasalahan ke 2:
merupakan masalah penyelesaian persamaan dengan menggunakan perkalian atau
pembagian.
Penyelesaian persamaan
1.:
Agar siswa lebih mudah
memahami permasalahan, maka siswa diharapkan membuat model-model yang bekerja
pada permasalahan tersebut. Model-model tersebut dapat dibuat menggunakan
kertas warna.
Misal:
Buatlah kartu dengan
kertas warana ukuran 3 x 3, warna yang bisa digunakan merah untuk opersi, biru
untuk variabel, hijau untuk bilangan, ungu untuk koefisien, dan kuning untuk
sama dengan.
Persamaan masalah
1: x +
4 = 7
Kurangkan 4 di kedua
sisi ( ekuivalen dengan menambahkan (-4)
x + 4 + (-4) = 7 + (-4)
x
= 3
Penyelesaian persamaan
2:
Agar siswa lebih mudah
memahami permasalahan, maka siswa diharapkan membuat model-model yang bekerja
pada permasalahan tersebut. Model-model tersebut dapat dibuat menggunakan
kertas warna.
Misal:
Buatlah kartu dengan
kertas warana ukuran 3 x 3, warna yang bisa digunakan merah untuk opersi, biru
untuk variabel, hijau untuk bilangan, ungu untuk koefisien, dan kuning untuk
sama dengan.
Permasalahan masalah 2:
3 x + 6 = 12
Mengurangkan 6 dari
kedua sisi (setara dengan menambahkan (-6) di kedua sisi).
3 x + 6 + (-6) = 12 + (-6)
3 x = 6
Membagi kedua ruas
dengan 3 (setara dengan mengalikan kedua ruas dengan 1/3)
(1/3) 3 x = (1/3) 6
(1/3 x 3) x = 2
1 x = 2
x = 2
catatan: keuntungan
menggunakan kartu warna, siswa dapat membedakan variabel dan operasi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar