Rabu, 16 Oktober 2019

7 KALIMAT TOYIBAH


Materi Keputrian dan Imtaq:
TUJUH KALIMAT TOYIBAH

1.      BISMILAHIRRAHMANIRRAHIIM
Nabi SAW, berpesan barangsiapa melakukan amal kebaikan tanpa didahului bacaan Basmalah, maka amalannya tertolak. Sebaliknya jika setiap amalan kebaikan diawali dengan bacaan Basmalah, maka Allah akan menurunkan rahmat baginya.
2.      ASTAGHFIRULLAHAL’ADZIIM
Setiap berbuat dosa bacalah istighfar , agar diampuni dosa-sosanya.
3.      ALHAMDULILLAHIRRABBIL’ALAMIN
Jika diberikan nikmat oleh Allah, maka bacalah Alhamdulillah.
SUBHANALLAH WABIHAMDI SUBHANALLAHIL’ADZIM
Bacaan yang ringan akan tetapi berat timbangannya di sisi Allah.
4.      INSYA ALLAH
Kalau berjanji katakanlah Insya Allah.
5.      LAHAULAWALAKUWATA ILLA BILLAHIL’ALIYIL’ADZIM
Jika membaca takaful, maka Allah akan membuatkan taman bunga yang indah di surga.
6.      LA ILLAHA ILLALAH MUHAMMADARRASULULLOH
Bacaan yang merupakan penjaga yaitu dua kalimat syahadat.
Larangan menyekutukan Allah: Keluarga Luqman :13: “Dan Ingatlah ketika Luqman berkata kepada anaknya, di waktu ia memberi pelajaran kepadanya:”hai anakku, janganlah kamu mempersekutukan Allah, sesungguhnya mempersekutukan (Allah) adalah benar-benar kedzaliman yang besar.”
7.      INNALILAHI WA INNA ILAIHI ROJI’UN
Jika mendapatkan musibah maka membaca kalimat di atas.
Allah SWT berfirman::” ...yaitu orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan, Inna Lillahi wa inna ilaihi raji’un.” Mereka itulah yang mendapat keberkahan yang sempurna dan rahmat dari Tuhannya, dan mereka itulah orang-orang yang mendapatkan petunjuk.” (QS. Al Baqarah:156-157)

Amalan bacaan tersebut jika dikerjakan dalam setiap waktu, baik sibuk apalagi luang, maka akan beruntung. Jika bacaan tersebut ditinggalkan maka akan mer
ugi.
Nabi SAW, sealu membaca istighfar, setiap hari sebanyak minimal 70x.
Nabi SAW, juga membaca tahlil sehari, minimal sebanyak 100 x.
Amalan membaca kalimat toyibah termasuk kesabaran. Sabar itu ada tiga macam: terhadap bencana, mensyukuri nikmat dan rela dengan ketentuan Allah.
Diriwayatkan bahhwa Rasulullah saw bersabda:
“Barangsiapa bersabar atas musibah yang menimpanya dan menerimanya dengan lapang dada, niscaya Allah SWT menetapkan baginya 300 martabat, yang jarak antara satu martabat dengan martabat lainnya seperti jarak antara langit dan bumi. Barangsiapa bersabar dalam berbuat taat kepada Allah SWT, niscaya Allah akan menetapkan baginya 600 martabat. Dan barangsiapa bersabar dalam menghadapi maksiat, maka Allah SWT akan menetapkan baginya 900 martabat, yang jarak antara satu martabat dengan martabat lainnya seperti jarak antara bumi dengan ujung ‘Arsy.”

Allah berfirman:
“Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan, dan sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.” (QS: Al bayinah: 5-6)

Terdapat empat jenis karaketr yang bila dimiliki seseorang, maka niscaya seluruh dosanya, mulai ujung rambut hingga kaki, akan diganti Allah SWT dengan kebajikan: jujur, rasa malu, berbudi pekerti luhur, dan bersyukur. Dalam hadis lain diriwayatkan ,”Jujur, rasa malu, berbudi pekerti luhur, dan amanah.” Abi Abdillah berkata, “Ada empat karakter yang bila terdapat pada diri seseorang niscaya akan sempurna imannya- sekalipun dari ujung rambut hingga kakinya berlumuran dosa; jujur, amanah, rasa malu, dan berbudi pekerti luhur.”
Adapun manfaat dan keutamaan budi pekerti, kiranya dapat dilihat dari pujian Allah SWT kepada rasulullah SAW dalam firmanNya:
“ Dan sesungguhnya kamu benar-benar berbudi pekerti yang agung.”(QS. Al Qalam:4)
Rasulullah SAW menyampaiakan amanat:” Kalian tak akan mampu memuaskan orang lain dengan harta kalian, puaskanlah mereka dengan muka ceria dan budi pekerti yang baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar