NAMA
: PRICH PURWANTI
PENGEMBANGAN
MATERI AJAR
BENTUK
ALJABAR
KELAS
7 SEMESTER 1
MIND
MAPPING (FACTUAL)
MIND
MAP
DEFINISI
AYO KITA MENGAMATI =FAKTA
KASUS
1
Suatu
ketika terjadi percakapan antara Pak Erik dan Pak Tohir. Mereka berdua baru
saja membeli buku di suatu toko grosir.
Erik : “Pak Tohir, kelihatannya beli buku
tulis banyak sekali.”
Tohir : “Iya, Pak. Ini pesanan dari sekolah
saya. Saya beli dua kardus dan 3 buku. Pak Erik beli apa saja?”
Erik : “ Saya hanya beli 5 buku Pak. Buku
ini untuk anak saya yang kelas VII SMP.”
Dalam
percakapan tersebut terlihat dua orang yang menyatakan banyak buku dengan
satuan yang berbeda. Pak Tohir menyatakan jumlah buku dalam satuan kardus,
sedangkan Pak Erik langsung menyebutkan banyak buku yang ia beli dalam satuan
buku.
Alternatif Pemecahan Masalah
Tabel.1
Bentuk Aljabar dari Masalah :
Pembeli
|
Pak
Tohir
|
Pak
Erik
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Membeli
|
2
Kardus buku dan 3 buku
|
5 buku
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Bentuk Aljabar
|
2x
+ 3
|
5
|
Pada
tabel di atas, simbol x menyatakan banyak buku yang ada dalam kardus.
Simbol
x tersebut bisa mewakili sebarang bilangan, yakni seperti berikut.
Jika
x = 10, maka 2x + 3 = 2 x 10 + 3 = 20 + 3 = 23
Jika
x = 15, maka 2x + 3 = 2 x 15 + 3 = 30 + 3 = 33
Jika
x = 20, maka 2x + 3 = 2 x 20 + 3 = 40 + 3 = 43
Jika
x = 40, maka 2x + 3 = 2 x 40 + 3 = 80 + 3 = 83
Jika
x = 50, maka 2x + 3 = 2 x 50 + 3 = 100 + 3 = 103
Nilai
pada bentuk aljabar di atas bergantung pada nilai x.
KASUS II.
Di
sekitar kita juga beberapa orang seringkali menyatakan banyaknya suatu benda
tertentu dengan tidak menyebutkan satuan benda tersebut. Akan tetapi, mereka
menggunakan satuan kumpulan dari jumlah benda tersebut. Misalkan satu karung
beras, satu keranjang apel, satu keranjang jeruk, dan lain-lain. Untuk lebih
memahami tentang bentuk-bentuk aljabar, mari kita amati dan lengkapi
bentuk-bentuk aljabar pada tabel 2 berikut.
Dalam
suatu kotak terdapat beberapa bola, sedangkan dalam suatu tabung terdapat bola
dalam jumlah yang lain.
Misalkan: x menyatakan banyak bola dalam satu kotak
Y menyatakan
banyak bola dalam satu tabung
“
Tiap kotak berisi bola dengan jumlah
sama”
“Tiap tabung berisi bola dengan
jumlah sama”
No
|
Gambar
|
Bentuk
aljabar
|
Keterangan
|
|||
1
|
|
X
+ 2 Y + 3
|
1 kotak bola, 2 tabung bola, dan 3 bola
|
AYO KITA MENANYA
= KONSEP
Buatlah
pertanyaan yang berkaitan dengan bentuk aljabar yang disajikan pada kegiatan
mengamati.
Contoh pertanyaan:
1. Pada
kasus tabel 1, nilai x menyatakan banyak kardus, bukankah banyak buku dalam
kardus tersebut sudah pasti sama? Apakah masih dapat dinyatakan bentuk
aljabarnya dalam simbol (variabel) x?
2. Apakah
suatu variabel yang boleh digunakan hanya x dan y saja?
3. Pada
kasus tabel 2, berapakah nilai x dan y yang bisa disubstitusikan pada bentuk
aljabar tersebut?
AYO KITA MENGGALI INFORMASI
= PRINSIP
Dalam
kegiatan pengamatan, kalian telah mengamati beberapa ilustrasi bentuk-bentuk
aljabar. Pada tabel 1, banyak buku dalam suatu kardus dinyatakan dengan simbol
x. Pada tabel 2, banyak bola dalam suatu kotak dinyatakan dengan simbol x dan
banyak bola dalam suatu tabung dinyatakan dengan y. Bentuk-bentuk tersebut
dinamakan dengan bentuk aljabar. Kalian boleh
menggunakan simbol yang lain untuk menyatakan bentuk aljabar.
Pada
kegiatan pengamatan, kita mengenal beberapa bentuk aljabar, seperti, 2, x, 2x,
2x + 3, x + 2y + 3. Bentuk-bentuk yang dipisahkan oleh tanda penjumlahan
disebut dengan suku. Berikut nama-nama bentuk aljabar berdasarkan banyaknya
suku.
Ø 2,
x, dan 2x disebut suku satu atau monomial
Ø 2x
+ 3 disebut suku dua atau binomial
Ø x+
2y + 3 disebut suku tiga atau trinomial
Ø untuk bentuk aljabar yang tersusun
atas lebih dari tiga suku dinamakan polinomial
Pada bentuk 2x + 3, bilangan 2 disebut
koefisien, x disebut variabel, sedangkan 3 disebut dengan konstanta.
|
|
|
|
|
|
|
Dari ilustrasi tersebut, ungkapkan dengan bahasamu
(jangan takut salah). Apakah yang dimaksud dengan:
a. Koefisien?
b. Variabel?
c. Konstanta?
d. Faktor
suku?
CONTOH 3.1:
Sederhanakan bentuk aljabar 4x + 9 – 5x -2.
Alternatif
Penyelesaian:
Kelompok suku-suku sejenis
4x + 9 – 5x – 2 = 4x – 5x + 9 – 2
= (4 -5) x + 7
= - 1x + 7
-
1x selanjutnya boleh hanya ditulis
dengan –x, demikian juga 1x boleh hanya ditulis dengan x.
Dengan demikian, bentuk
sederhana dari 4x + 9 – 5x – 2 adalah –x + 7.
Contoh 3.2:
Sederhanakan bentuk
aljabar 2x + 3y + 4x – 5y.
Alternatif Penyelesaian:
Kelompokkan suku-suku
sejenis
2x + 3y + 4x – 5y = 2x
+ 4x + 3y – 5y
= (2 + 4)x + (3 –
5)y
Jumlahkan atau
kurangkan koefisien suku-suku yang sejenis tersebut, menjadi :
2x + 3y + 4x – 5y = 6x
– 2y
Contoh 3.3
Sederhanakan bentuk
aljabar 9 + 3ab - 7 - 12 + 6ab + 2
Alternatif Penyelesaian:
9 + 3ab - 7 - 12 + 6ab + 2 = (9-12) + (3 + 6)ab + (-7 + 2)
AYO KITA MENCOBA = PROSEDUR
LANGKAH-LANGKAH
:
1. Mengubah
soal cerita ke bentuk simbolik,
2. Menyelesaikan
bentuk simbolik,
Setelah
kalian melakukan kegiatan menggali informasi, sekarang coba diskusikan
permasalahan lain yang terdapat pada kasus berikut.
1.
Pak Tohir memiliki dua jenis hewan
ternak, yaitu sapi dan ayam. Banyaknya sapi dan ayam yang dimiliki Pak Tohir
secara berturut-turut adalah 27 sapi dan 1.500 ayam. Seluruh sapi dan ayam
tersebut akan dijual kepada seorang pedagang ternak. Jika harga satu sapi
dinyatakan dengan x rupiah dan harga satu ayam dinyatakan dengan y rupiah,
tuliskan bentuk aljabar harga hewan ternak Pak Tohir.
2.
Tiga orang siswa menyederhanakan bentuk
aljabar 3p – 4p. Masing-masing dari mereka memperoleh hasil -1, -p, dan -1p.
Tuliskan jawaban manakah yang benar dan jelaskan alasan kalian.
3.
Tuliskan tiga bentuk aljabar yang
merupakan binomial atau suku dua.
Jelaskan mengapa ketiga bentuk tersebut disebut binomial.
AYO KITA MENALAR = METAKOGNITIF
Langkah-langkah:
Mengubah
bentuk verbal ke bentuk simbolik.
Setelah
kalian melakukan kegiatan mengamati dan menggali informasi, sekarang coba
diskusikan permasalahan yang terdapat pada kasus berikut.
1.
Pada kasus tabel 1, seandainya Pak Tohir
membeli lagi 4 kardus buku. Bagaimanakah bentuk aljabarnya?
2.
Kemudian perhatikan kembali tabel 2.
a. Kesimpulan
apa yang dapat kalian ambil dari hasil pengamatan pada tabel tersebut?
b. Pada
tabel tersebut variabel x untuk menyatakan bola dalam suatu kotak, dan variabel
y untuk menyatakan banyak bola dalam suatu tabung. Mungkinkah kita membuat
gambar yang menyatakan 2x – 3? Jelaskan. Jika mungkin, tunjukkan?
Prich
Purwanti,S.Pd
NIP.19710908
199802 2 002
Tidak ada komentar:
Posting Komentar