RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SatuanPendidikan : SMP Negeri 2 Kutasari
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester : 7 / 1 (satu)
Materi
Pokok : Bentuk Aljabar
AlokasiWaktu : 2 x 40’ ( 5
pertemuan
Pertemuan : 1
A.
Kompetensi Inti
1.: Menerima, menjalankan, dan
menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.: Menunjukkan perilaku: a. Jujur, b.
Disiplin, c. Santun, d. Percaya diri, e. Peduli, dan f. Bertanggung jawab,
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangga, dan negara
3.: Memahami pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat dasar dengan cara: a.
Mengamati,b. Menanya, c. Mencoba, berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di
rumah, di sekolah dan tempat umum.
4. Menunjukkan keterampilan berfikir dan
bertindak: a. Kreatif, b. Produktif,c . kritis,d. Mandiri, e. Kolaboratif, f.
Komunikatif, dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis, dan kritis, dalam
karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan tindakan
yang mencerminkan perilaku anak sesuai dengan tahap perkembangannya.
B.
KompetensiDasar
3.5.
Menjelaskan bentuk aljabar dan melakukan operasi pada bentuk aljabar (penjumlahan,
pengurangan, perkalian dan pembagian).
4.5.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bentuk aljabar dan operasi pada
bentuk aljabar.
C.
IndikatorPencapaian Kompetensi
3.5.1.
Menjelaskan bentuk aljabar variabel
3.5.2.
Menjelaskan bentuk aljabar konstanta
3.5.3.
Menjelaskan bentuk aljabar koefisien
3.5.4.
Menjelaskan bentuk aljabar suku
3.5.5.
Menjelaskan bentuk aljabar suku sejenis
3.5.6.
Menjelaskan bentuk aljabar sederhana
4.5.1.
Mengubah permasalahan sehari-hari ke bentuk aljabar
D.
Tujuan Pembelajaran
1.
Pertemuan Pertama
a.
Peserta didik dapat
menjelaskan variabel
b.
Peserta didik dapat
menjelaskan konstanta
c.
Peserta didik dapat
menjelaskan koefisien
d.
Peserta didik dapat
menjelaskan suku
e.
Peserta didik dapat
menjelaskan suku sejenis
f.
Peserta didik dapat
menjelaskan bentuk aljabar sederhana
g.
Peserta didik dapat mengubah
permasalahn sehari-hari ke bentuk aljabar
E.
Materi Pembelajaran
1.
Materi Pembelajaran Reguler
Bentuk Aljabar adalah kalimat matematika yang memuat variabel.
1. bentuk aljabar variabel : x,
y, z
2.bentuk aljabar konstanta
3.bentuk aljabar koefisien
4.bentuk aljabar suku
5.bentuk aljabar suku sejenis
6.bentuk aljabar sederhana
2.
Materi Pembelajaran Pengayaan
1.membuat prosedur untuk memecahkan permasalahan
2.menyederhanakan pola bilangan karena operasi
3.membuat rumus dari pola geometri
3.
Materi Pembelajaran Remedial
1.bentuk
aljabar sederhana
2.menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan bentuk aljabar sederhana
F.
Metode Pembelajaran
Problem
Based Learning
G.
Media/alat dan bahan
1.
Media/Alat : Lembar Kerja
2.
Bahan : Kertas dan spidol
berwarna
H.
Media/alat, bahan, dan sumber belajar
Sumber
Belajar : (Pengarang, Tahun, Judul Buku, Kota, Penerbit, Halaman)
Rahman
As’an Abdul , dkk. 2016. MATEMATIKA. Jakarta:
Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud, Halaman 197-206.
I.
Langkah-langkah kegiatan
A. Kegiatan Pendahuluan (5’)
1.
Guru
membuka pelajaran dengan memberikan salam
2.
Guru
meminta salah satu siswa untuk memimpin berdoa
3.
Guru
memeriksa kehadiran
4. Guru mengecek
penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya, yaitu karakteristik
pada notasi pembentuk himpunan, misalkan x > 3, x bilangan bulat, dengan
cara menanyakan kepada peserta didik apa saja keanggotaan himpunan tersebut.
5.
Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai,
yaitu 3.5. Menjelaskan bentuk aljabar dan melakukan operasi pada bentuk
aljabar (penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian)., 4.5.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bentuk aljabar dan operasi pada
bentuk aljabar. dan menunjukkan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari, yaitu untuk
membuat model matematika dari masalah yang rumit sehingga mudah ditentukan
selesaiannya.
6. Guru
menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan, yaitu
bentuk aljabar : variabel, konstanta, koefisien, suku , suku sejenis, bentuk
aljabar sederhana.
7. Guru menyampaikan lingkup penilaian, yaitu menjelaskan
bentuk aljabar; variabel, konstanta,
koefisien, suku, suku sejenis, bentuk aljabar sederhana dan teknik penilaian yang akan digunakan,
yaitu tes tertulis bentuk uraian.
8.
Guru
membagi kelas menjadi 8 kelompok dengan cara mengelompokkan siswa setiap dua bangku satu kelompok dengan ampat
anggota.
9.
Guru
melakukan apersepsi dengan menanyakan
kepada peserta didik bagaimana bentuk 3x + 2 dapat terjadi?
B. Kegiatan Inti
KEGIATAN GURU
|
KEGIATAN SISWA
|
WAKTU
|
Orientasi Masalah
|
5’
|
|
Guru menampilkan
masalah antara Pak tohir dan Pak Erik, melalui buku paket halaman 198 atau
tayangan power point:
|
Peserta didik secara berpasangan
mempraktekkan percakapan dalam permasalahan di depan kelas.
|
|
Permasalahan :
|
Permasalahan :
|
|
Amati percakapan
antara Pak Erik dan Pak Tohir berikut:
|
Amati percakapan
antara Pak Erik dan Pak Tohir berikut:
|
|
Erik :”Pak Tohir, kelihatannya beli buku banyak
sekali.”
|
Erik :”Pak Tohir, kelihatannya beli buku banyak
sekali.”
|
|
Tohir :”Iya, Pak. Ini
pesanan dari sekolah saya. Saya beli dua kardus dan 3 buku. Pak Erik beli apa
saja?”
|
Tohir :”Iya, Pak. Ini
pesanan dari sekolah saya. Saya beli dua kardus dan 3 buku. Pak Erik beli apa
saja?”
|
|
Erik :”Saya hanya beli 5 buku ,Pak. Buku ini
untuk anak saya yang kelas VII SMP.”
|
Erik :”Saya hanya beli 5 buku ,Pak. Buku ini
untuk anak saya yang kelas VII SMP.”
|
|
Organisasi Belajar
|
10’
|
|
Guru meminta peserta didik mendikusikan
bersama kelompok tentang permasalahan tersebut.
|
Peserta didik menanggapi tugas untuk
mendiskusikan bersama kelompok tentang permasalahn tersebut.
|
|
Guru memberikan umpan balik kepada peserta
didik dari permasalahan tersebut, dengan menggunakan pertanyaan penuntun agar
diskusi berjalan baik.
|
Peserta didik memperoleh petunjuk untuk
mendiskusikan permasalahan melalui pertanyaan-pertanyaan yang mungkin ada di
dalam benak dalam diskusi tersebut.
|
|
Contoh pertanyaan penuntun yaitu: 1.
Setelah membaca dan mencermati, permasalahan, apa saja yang terpikir dalam
benak kalian? 2. Coba buatlah pertanyaan berhubungan dengan permasalahan yang
telah kalian baca dan cermati tersebut!
|
Contoh kemungkinan pertanyaan peserta
didik dalam proses belajar kelompoknya adalah: 1. Apakah isi kardus itu? 2.
Mengapa satuannya berbeda? 3. Berapa banyak buku dalam kardus itu? 4. Peserta
didik yang sudah mampu memahami permasalahan, kemungkinan akan muncul
pertanyaan. Bagaimana kalau saya memisalkan banyak buku dalam kardus dengan
variabel x?
|
|
Penyelidikan individual maupun kelompok
|
||
Guru memfasilitasi
peserta didik melakukan penyelidikan secara cermat dari tabel pada lembar
kerja kelompok.
|
Peserta
didik melakukan penyelidikan secara cermat dari tabel pada lembar
kerja kelompok.
|
|
Guru memfasilitasi
peserta didik melakukan penyelidikan secara cermat dari tabel pada lembar
kerja individual.
|
Peserta
didik melakukan penyelidikan secara cermat dari tabel pada lembar
kerja individual.
|
|
Guru meminta peserta
didik dalam kelompok memeriksa tabel 2,3 dan 4 dengan menggunakan buku sumber
halaman 198-200.
|
Peserta
didik dalam kelompok memeriksa tabel 2,3 dan 4 dengan menggunakan buku
sumber halaman 198-200.
|
|
Guru meminta peserta
didik secara individual memeriksa tabel 2,3 dan 4 dengan menggunakan buku
sumber halaman 198-200.
|
Peserta
didik secara individual memeriksa tabel 2,3 dan 4 dengan menggunakan
buku sumber halaman 198-200.
|
|
Guru meminta peserta
didik secara kelompok dan individual menyelidiki melalui tabel pada lembar
kerja dihubungkan dengan tabel 2,3 dan 4 pada buku paket halaman 198-200.
|
Peserta didik secara kelompok dan
individual menyelidiki melalui tabel pada lembar kerja dihubungkan dengan
tabel 2,3 dan 4 pada buku paket halaman 198-
|
|
Pengembangan dan penyajian hasil penyelesaian masalah
|
10’
|
|
Guru meminta peserta didik mengembangkan
hasil penyelidikan masalah dengan menghubungkan ke dalam tabel pada lembar
kerja kelompok.
|
Peserta didik mengembangkan hasil
penyelidikan masalah dengan menghubungkan ke dalam tabel pada lembar kerja
kelompok.
|
|
Guru meminta peserta didik mengembangkan
penyelidikan masalah dengan menghubungkan ke dalam tabel pada lembar kerja individual.
|
Peserta
didik mengembangkan penyelidikan masalah dengan menghubungkan ke dalam
tabel pada lembar kerja individual.
|
|
Guru meminta peserta didik menyajikan
hasil penyelidikan permasalahan secara kelompok, dengan cara membacakan hasil
di depan kelas secara perwakilan kelompok.
|
Peserta
didik menyajikan hasil penyelidikannya secara kelompok, dengan cara
membacakan hasil di depan kelas secara perwakilan kelompok.
|
|
Guru meminta peserta didik menyajikan
hasil penyelidikan permasalahan secara individual.
|
Peserta
didik menyajikan hasil penyelidikan permasalahan secara individual.
|
|
Guru meminta peserta didik menyajikan
hasil penyelidikan permasalahan yang berupa tabel secara berkelompok, dengan
cara menempel di papan presentasi, yang disediakan guru.
|
Peserta
didik menyajikan hasil penyelidikan permasalahan yang berupa tabel
secara berkelompok, dengan cara menempel di papan presentasi, yang disediakan
guru.
|
|
Guru meminta peserta didik menyajikan
hasil penyelidikan permasalahan yang berupa tabel secara individual, dengan
cara presentasi individual.
|
Peserta
didik menyejikan hasil penyelidikan permasalahan yang berupa tabel
secara individual, dengan cara presentasi individual.
|
|
Analisis dan evaluasi proses penyelesaian masalah
|
|
8’
|
Guru meminta peserta didik memeriksa hasil
diskusi kelompok dan individual teman yang lain. Dengan menggunakan kunci
jawaban yang disediakan guru. Kelompok 1 ke 4,2 ke 3,5 ke 8,6 ke 7
|
Peserta
didik memeriksa hasil diskusi kelompok dan individual teman yang lain. Dengan menggunakan kunci jawaban yang
disediakan guru. Kelompok 1 ke 4,2 ke 3,5 ke 8,6 ke 7
|
|
Guru memberikan reward kepada peserta
didik yang kelompoknya memperoleh hasil terbaik.
|
Peserta
didik yang kelompoknya memperoleh hasil terbaik, memperoleh reward
dari guru.
|
|
Guru memberikan soal evaluasi kepada
peserta didik, untuk dikerjakan secara individual.
|
Peserta didik mengerjakan soal evaluasi
secara individual.
|
|
Guru meminta peserta didik mencocokkan
hasil pekerjaan soal evaluasi, dengan cara ditukarkan dengan teman sebangku.
|
Peserta
didik mencocokkan hasil pekerjaan soal evaluasi, dengan cara
ditukarkan dengan teman sebangku.
|
|
C. Kegiatan Penutup
KEGIATAN GURU
|
KEGIATAN SISWA
|
WAKTU
|
Meminta peserta
didik menyebutkan poin-poin
pelajaran tentang bentuk aljabar.
|
Peserta didik menyebutkan bentuk aljabar; variabel,
konstanta, koefisien, suku, suku sejenis, bentuk aljabar sederhana.
|
1’
|
Memberikan kegiatan
tindak lanjut (tugas terstruktur / tugas tidak terstruktur) berupa
tugas rumah untuk soal-soal HOTS halaman 205-206 soal nomor 5,6,7.
|
Peserta didik menerima tugas kegiatan tindak lanjut (tugas terstruktur / tugas tidak terstruktur) berupa
tugas rumah untuk soal-soal HOTS halaman 205-206 soal nomor 5,6,7.
|
1’
|
Meminta peserta
didik membuat refleksi tentang hal yang sulit dari
bentuk aljabar, dan hal yang mudah dipahami dalam bentuk aljabar.
|
Peserta didik membuat refleksi tentang hal yang sulit dari bentuk aljabar, dan hal yang
mudah dipahami dalam bentuk aljabar.
|
1’
|
Guru meminta peserta didik mempersiapkan untuk pertemuan
berikutnya tentang operasi bentuk aljabar, buku paket halaman 207-210
|
Peserta didik
mempersiapkan untuk pertemuan berikutnya tentang operasi bentuk aljabar, buku
paket halaman 207-210
|
1’
|
Guru
memberikan salam untuk menutup pelajaran.
|
Peserta
didik menjawab salam guru,
|
1’
|
J.
Media dan Sumber Belajar
K.
Penilaian
1. Teknik Penilaian
a. Penilaian Pengetahuan
Indikator Pencapaian
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
3.5.1.
Menjelaskan bentuk aljabar variabel
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
3.
Tentukan: a.variabel,b. Koefisien,c. Konstanta d. suku, e. suku sejenis,,
dari bentuk-bentuk aljabar berikut: a.
9x , b. 3 + 6y + 2,
c. 7 - 8 q – 11 + q + 12 p
|
3.5.2.
Menjelaskan bentuk aljabar konstanta
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
3.
Tentukan: a.variabel,b. Koefisien,c. Konstanta d. suku, e. suku sejenis,,
dari bentuk-bentuk aljabar berikut: a.
9x , b. 3 + 6y + 2,
c. 7 - 8 q – 11 + q + 12 p
|
3.5.3.
Menjelaskan bentuk aljabar koefisien
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
3.
Tentukan: a.variabel,b. Koefisien,c. Konstanta d. suku, e. suku sejenis,,
dari bentuk-bentuk aljabar berikut: a.
9x , b. 3 + 6y + 2,
c. 7 - 8 q – 11 + q + 12 p
|
3.5.4.
Menjelaskan bentuk aljabar suku
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
3.
Tentukan: a.variabel,b. Koefisien,c. Konstanta d. suku, e. suku sejenis,,
dari bentuk-bentuk aljabar berikut: a.
9x , b. 3 + 6y + 2,
c. 7 - 8 q – 11 + q + 12 p
|
3.5.5.
Menjelaskan bentuk aljabar suku sejenis
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
3.
Tentukan: a.variabel,b. Koefisien,c. Konstanta d. suku, e. suku sejenis,,
dari bentuk-bentuk aljabar berikut: a.
9x , b. 3 + 6y + 2,
c. 7 - 8 q – 11 + q + 12 p
|
3.5.6.
Menjelaskan bentuk aljabar sederhana
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
3.
Tentukan: a.variabel,b. Koefisien,c. Konstanta d. suku, e. suku sejenis,,
dari bentuk-bentuk aljabar berikut: a.
9x , b. 3 + 6y + 2,
c. 7 - 8 q – 11 + q + 12 p
|
b.
Penilaian
Keterampilan
Indikator Pencapaian
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
4.5.1.
Mengubah permasalahan sehari-hari ke bentuk aljabar
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
2.
Buat suatu bentuk aljabar yang memiliki koefisien 2 dan konstanta -13. Buat
suatu cerita yang hasilnya adalah bentuk aljabar tersebut.
|
2.
Pembelajaran Remidial
Menyebutkan pengertian bentuk aljabar ; variabel, konstanta,
koefisien, suku, suku sejenis, bentuk aljabar sederhana.
3.
Pembelajaran Pengayaan
Membuat prosedur untuk menentukan
rumus pola bilangan.
Membuat prosedur untuk menentukan
rumus pola bangun geometri.
Mengetahui
Kutasari
, September 2019
Kepala
SMP N 2 Kutasari Guru
Mapel Matematika
Soderi, S.Pd, M.Pd Prich
Purwanti, S.Pd
NIP.
197312122003121005 NIP.
197109081998022002
Lembar kerja 1
(Lembar
Kerja berisi: informasi dan pertanyaan/perintah)
Lembarkerja2
Lembar kerja 3
Lembar kerja 4
Lembarkerja 5
Kerjakan Soal-soal
HOTS pada halaman 205 dan 206 nomor 5,6,7, buku paket Matematika.
Lampiran 1.
Pedoman Penskoran (Penugasan Pertemuan Pertama)
Nomor Soal
|
Deskripsi Jawaban
|
Skor
|
1.a
|
Diketahui : 7x + 3
Ditanya : Variabel, Koefisien, Konstanta
Jawab : Variabel : x
Koefisien : 7 koefisien dari x
Konstanta : 3
|
1
1
1
1
1
|
1.b
|
Diketahui : –5x – 8
Ditanya : Variabel, Koefisien, Konstanta
Jawab : Variabel : x
Koefisien : –5 koefisien
dari x
Konstanta :
– 8
|
1
1
1
1
1
|
1.c
|
Diketahui : 3a
– 7b – 4c + 6
Ditanya : Variabel, Koefisien, Konstanta
Jawab : Variabel : x,
y dan z
Koefisien : 3 koefisien dari x, –7 koefisien dari y, –4 koefisien dari z.
Konstanta : 6
|
1
1
1
1
1
|
1.d
|
Diketahui : – 3x2 + xy + 6y2
Ditanya : Variabel, Koefisien, Konstanta
Jawab : Variabel : x dan y
Koefisien : –
3 koefisien dari x2, 1
koefisien dari xy, dan 6 koefisien dari y2.
Konstanta : 0
|
1
1
1
1
1
|
|
Jumlah
|
20
|
No
|
SOAL
|
VARIABEL
|
KONSTANTA
|
KOEFISIEN
|
SKOR
|
1.
|
2x
+ 5
|
x
|
5
|
2
|
5
|
2.
|
2a
– b -7
|
a, b
|
-7
|
2,
-1
|
5
|
|
+ 3y +8
|
x, y
|
8
|
-1, 3
|
5
|
4
|
3m
+ n
|
m, n
|
_
|
3, 1
|
5
|
5
|
- 3x + 2y - 6
|
x, y
|
-6
|
5, -3,
2
|
5
|
JUMLAH SKOR 1 DAN 2 =
20 + 25 = 45
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :
NA = x
100
Lampiran 2.
Power Point
Lembar Karja
Perbaikan:
1.
Bacalah dan pahami masalah 3.1 halaman
198.
2.
Gambarkan apa yang menjadi masalah dalam
bacaan itu.
3.
Buatlah pertanyaan yang bersangkutan
dengan gambar di nomor 2. Tulislah.
4.
Gambarlah salah satu huruf untuk
mengubah hal yang belum diketahui. (huruf A samapi Z).
5.
Huruf yang digunakan untuk menggantikan
sesuatu yang belum diketahui bilangannya disebut apa?
6.
Bentuk yang terjadi dari kardus dalam
bacaan berubah menjadi huruf disebut Bentuk Aljabar. Jadi, Bentuk Aljabar
adalah ...
7.
Variabel adalah huruf yang digunakan
dalam bentuk aljabar.
Variabel dalam masalah di atas adalah...
8.
Bilangan yang berdiri sendiri disebut
...
9.
Bilangan yang menunjukkan banyak
variabel disebut...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar