Kamis, 17 Oktober 2019

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Supervisi dan Perbaikan Lembar Kerja


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


SatuanPendidikan                            : SMP Negeri 2 Kutasari
Mata Pelajaran                                 :  Matematika
Kelas / Semester                               : 7 / 1 (satu)
Materi Pokok                                   : Bentuk Aljabar
AlokasiWaktu                                  : 2 x 40’ ( 5 pertemuan
Pertemuan                                       :  1

A.           Kompetensi Inti
1.: Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.: Menunjukkan perilaku: a. Jujur, b. Disiplin, c. Santun, d. Percaya diri, e. Peduli, dan f. Bertanggung jawab, dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangga, dan negara
3.: Memahami pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat dasar dengan cara: a. Mengamati,b. Menanya, c. Mencoba, berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat umum.
4. Menunjukkan keterampilan berfikir dan bertindak: a. Kreatif, b. Produktif,c . kritis,d. Mandiri, e. Kolaboratif, f. Komunikatif, dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis, dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan tindakan yang mencerminkan perilaku anak sesuai dengan tahap perkembangannya.
B.            KompetensiDasar
3.5. Menjelaskan bentuk aljabar dan melakukan operasi pada bentuk aljabar (penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian).
4.5. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bentuk aljabar dan operasi pada bentuk aljabar.
C.           IndikatorPencapaian Kompetensi
3.5.1. Menjelaskan bentuk aljabar variabel
3.5.2. Menjelaskan bentuk aljabar konstanta
3.5.3. Menjelaskan bentuk aljabar koefisien
3.5.4. Menjelaskan bentuk aljabar suku
3.5.5. Menjelaskan bentuk aljabar suku sejenis
3.5.6. Menjelaskan bentuk aljabar sederhana
4.5.1. Mengubah permasalahan sehari-hari ke bentuk aljabar
D.           Tujuan Pembelajaran
1.                       Pertemuan Pertama
a.       Peserta didik dapat menjelaskan variabel
b.      Peserta didik dapat menjelaskan konstanta
c.       Peserta didik dapat menjelaskan koefisien
d.      Peserta didik dapat menjelaskan suku
e.       Peserta didik dapat menjelaskan suku sejenis
f.       Peserta didik dapat menjelaskan bentuk aljabar sederhana
g.      Peserta didik dapat mengubah permasalahn sehari-hari ke bentuk aljabar
E.            Materi Pembelajaran
1.      Materi Pembelajaran Reguler

Bentuk Aljabar adalah kalimat matematika yang memuat variabel.
    1. bentuk aljabar variabel : x, y, z
    2.bentuk aljabar konstanta
    3.bentuk aljabar koefisien
    4.bentuk aljabar suku
    5.bentuk aljabar suku sejenis
    6.bentuk aljabar sederhana

2.      Materi Pembelajaran Pengayaan

1.membuat prosedur untuk memecahkan permasalahan
2.menyederhanakan pola bilangan karena operasi
3.membuat rumus dari pola geometri

3.      Materi Pembelajaran Remedial
1.bentuk aljabar sederhana
2.menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bentuk aljabar sederhana
F.            Metode Pembelajaran
Problem Based Learning
G.           Media/alat dan bahan
1.      Media/Alat    : Lembar Kerja
2.      Bahan                        : Kertas dan spidol berwarna
H.           Media/alat, bahan, dan sumber belajar
Sumber Belajar : (Pengarang, Tahun, Judul Buku, Kota, Penerbit, Halaman)
Rahman As’an Abdul , dkk. 2016. MATEMATIKA. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud, Halaman 197-206.
I.              Langkah-langkah kegiatan
A.    Kegiatan Pendahuluan (5’)
1.    Guru membuka pelajaran dengan memberikan salam
2.    Guru meminta salah satu siswa untuk memimpin berdoa
3.    Guru memeriksa kehadiran
4.    Guru mengecek penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya, yaitu karakteristik pada notasi pembentuk himpunan, misalkan x > 3, x bilangan bulat, dengan cara menanyakan kepada peserta didik apa saja keanggotaan himpunan tersebut.
5.    Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai, yaitu 3.5. Menjelaskan bentuk aljabar dan melakukan operasi pada bentuk aljabar (penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian)., 4.5. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bentuk aljabar dan operasi pada bentuk aljabar. dan menunjukkan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari, yaitu untuk membuat model matematika dari masalah yang rumit sehingga mudah ditentukan selesaiannya.
6.    Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan, yaitu bentuk aljabar : variabel, konstanta, koefisien, suku , suku sejenis, bentuk aljabar sederhana.
7.     Guru menyampaikan lingkup penilaian, yaitu menjelaskan bentuk aljabar;  variabel, konstanta, koefisien, suku, suku sejenis, bentuk aljabar sederhana  dan teknik penilaian yang akan digunakan, yaitu tes tertulis bentuk uraian.
8.    Guru membagi kelas menjadi  8 kelompok dengan cara mengelompokkan siswa setiap dua bangku satu kelompok dengan ampat anggota.
9.    Guru melakukan apersepsi dengan menanyakan kepada peserta didik bagaimana bentuk 3x + 2 dapat terjadi?
B.     Kegiatan Inti
KEGIATAN GURU
KEGIATAN SISWA
WAKTU
Orientasi Masalah
5’
Guru menampilkan masalah antara Pak tohir dan Pak Erik, melalui buku paket halaman 198 atau tayangan power point:
Peserta didik secara berpasangan mempraktekkan percakapan dalam permasalahan di depan kelas.

Permasalahan :
Permasalahan :

Amati percakapan antara Pak Erik dan Pak Tohir berikut:
Amati percakapan antara Pak Erik dan Pak Tohir berikut:

Erik  :”Pak Tohir, kelihatannya beli buku banyak sekali.”
Erik  :”Pak Tohir, kelihatannya beli buku banyak sekali.”

Tohir :”Iya, Pak. Ini pesanan dari sekolah saya. Saya beli dua kardus dan 3 buku. Pak Erik beli apa saja?”
Tohir :”Iya, Pak. Ini pesanan dari sekolah saya. Saya beli dua kardus dan 3 buku. Pak Erik beli apa saja?”

Erik  :”Saya hanya beli 5 buku ,Pak. Buku ini untuk anak saya yang kelas VII SMP.”
Erik  :”Saya hanya beli 5 buku ,Pak. Buku ini untuk anak saya yang kelas VII SMP.”

Organisasi Belajar
10’
Guru meminta peserta didik mendikusikan bersama kelompok tentang permasalahan tersebut.
Peserta didik menanggapi tugas untuk mendiskusikan bersama kelompok tentang permasalahn tersebut.

Guru memberikan umpan balik kepada peserta didik dari permasalahan tersebut, dengan menggunakan pertanyaan penuntun agar diskusi berjalan baik.
Peserta didik memperoleh petunjuk untuk mendiskusikan permasalahan melalui pertanyaan-pertanyaan yang mungkin ada di dalam benak dalam diskusi tersebut.

Contoh pertanyaan penuntun yaitu: 1. Setelah membaca dan mencermati, permasalahan, apa saja yang terpikir dalam benak kalian? 2. Coba buatlah pertanyaan berhubungan dengan permasalahan yang telah kalian baca dan cermati tersebut!
Contoh kemungkinan pertanyaan peserta didik dalam proses belajar kelompoknya adalah: 1. Apakah isi kardus itu? 2. Mengapa satuannya berbeda? 3. Berapa banyak buku dalam kardus itu? 4. Peserta didik yang sudah mampu memahami permasalahan, kemungkinan akan muncul pertanyaan. Bagaimana kalau saya memisalkan banyak buku dalam kardus dengan variabel x?

Penyelidikan individual maupun kelompok
Guru memfasilitasi peserta didik melakukan penyelidikan secara cermat dari tabel pada lembar kerja kelompok.
Peserta  didik melakukan penyelidikan secara cermat dari tabel pada lembar kerja kelompok.

Guru memfasilitasi peserta didik melakukan penyelidikan secara cermat dari tabel pada lembar kerja individual.
Peserta  didik melakukan penyelidikan secara cermat dari tabel pada lembar kerja individual.

Guru meminta peserta didik dalam kelompok memeriksa tabel 2,3 dan 4 dengan menggunakan buku sumber halaman 198-200.
Peserta  didik dalam kelompok memeriksa tabel 2,3 dan 4 dengan menggunakan buku sumber halaman 198-200.

Guru meminta peserta didik secara individual memeriksa tabel 2,3 dan 4 dengan menggunakan buku sumber halaman 198-200.
Peserta  didik secara individual memeriksa tabel 2,3 dan 4 dengan menggunakan buku sumber halaman 198-200.

Guru meminta peserta didik secara kelompok dan individual menyelidiki melalui tabel pada lembar kerja dihubungkan dengan tabel 2,3 dan 4 pada buku paket halaman 198-200.
Peserta didik secara kelompok dan individual menyelidiki melalui tabel pada lembar kerja dihubungkan dengan tabel 2,3 dan 4 pada buku paket halaman 198-

Pengembangan dan penyajian hasil penyelesaian masalah
10’
Guru meminta peserta didik mengembangkan hasil penyelidikan masalah dengan menghubungkan ke dalam tabel pada lembar kerja kelompok.
Peserta didik mengembangkan hasil penyelidikan masalah dengan menghubungkan ke dalam tabel pada lembar kerja kelompok.

Guru meminta peserta didik mengembangkan penyelidikan masalah dengan menghubungkan ke dalam tabel pada lembar kerja individual.
Peserta  didik mengembangkan penyelidikan masalah dengan menghubungkan ke dalam tabel pada lembar kerja individual.

Guru meminta peserta didik menyajikan hasil penyelidikan permasalahan secara kelompok, dengan cara membacakan hasil di depan kelas secara perwakilan kelompok.
Peserta  didik menyajikan hasil penyelidikannya secara kelompok, dengan cara membacakan hasil di depan kelas secara perwakilan kelompok.

Guru meminta peserta didik menyajikan hasil penyelidikan permasalahan secara individual.
Peserta  didik menyajikan hasil penyelidikan permasalahan secara individual.

Guru meminta peserta didik menyajikan hasil penyelidikan permasalahan yang berupa tabel secara berkelompok, dengan cara menempel di papan presentasi, yang disediakan guru.
Peserta  didik menyajikan hasil penyelidikan permasalahan yang berupa tabel secara berkelompok, dengan cara menempel di papan presentasi, yang disediakan guru.

Guru meminta peserta didik menyajikan hasil penyelidikan permasalahan yang berupa tabel secara individual, dengan cara presentasi individual.
Peserta  didik menyejikan hasil penyelidikan permasalahan yang berupa tabel secara individual, dengan cara presentasi individual.

Analisis dan evaluasi proses penyelesaian masalah

8’
Guru meminta peserta didik memeriksa hasil diskusi kelompok dan individual teman yang lain. Dengan menggunakan kunci jawaban yang disediakan guru. Kelompok 1 ke 4,2 ke 3,5 ke 8,6 ke 7
Peserta  didik memeriksa hasil diskusi kelompok dan individual teman yang  lain. Dengan menggunakan kunci jawaban yang disediakan guru. Kelompok 1 ke 4,2 ke 3,5 ke 8,6 ke 7

Guru memberikan reward kepada peserta didik yang kelompoknya memperoleh hasil terbaik.
Peserta  didik yang kelompoknya memperoleh hasil terbaik, memperoleh reward dari guru.

Guru memberikan soal evaluasi kepada peserta didik, untuk dikerjakan secara individual.
Peserta didik mengerjakan soal evaluasi secara individual.

Guru meminta peserta didik mencocokkan hasil pekerjaan soal evaluasi, dengan cara ditukarkan dengan teman sebangku.
Peserta  didik mencocokkan hasil pekerjaan soal evaluasi, dengan cara ditukarkan dengan teman sebangku.


C.    Kegiatan Penutup
KEGIATAN GURU
KEGIATAN SISWA
WAKTU
Meminta peserta didik menyebutkan poin-poin pelajaran tentang bentuk aljabar.
Peserta didik menyebutkan bentuk aljabar; variabel, konstanta, koefisien, suku, suku sejenis, bentuk aljabar sederhana.
1’
Memberikan kegiatan tindak lanjut (tugas terstruktur / tugas tidak terstruktur) berupa tugas rumah untuk soal-soal HOTS halaman 205-206 soal nomor 5,6,7.
Peserta didik menerima tugas kegiatan tindak lanjut (tugas terstruktur / tugas tidak terstruktur) berupa tugas rumah untuk soal-soal HOTS halaman 205-206 soal nomor 5,6,7.

1’
Meminta peserta didik  membuat refleksi tentang hal yang sulit dari bentuk aljabar, dan hal yang mudah dipahami dalam bentuk aljabar.
Peserta  didik  membuat refleksi tentang hal yang sulit dari bentuk aljabar, dan hal yang mudah dipahami dalam bentuk aljabar.
1’
Guru meminta peserta didik mempersiapkan untuk pertemuan berikutnya tentang operasi bentuk aljabar, buku paket halaman 207-210
Peserta  didik mempersiapkan untuk pertemuan berikutnya tentang operasi bentuk aljabar, buku paket halaman 207-210
1’
Guru memberikan salam untuk menutup pelajaran.
Peserta didik menjawab salam guru,
1’

J.             Media dan Sumber Belajar
LCD (jika ada) dan buku paket serta lingkungan
K.           Penilaian
1.    Teknik Penilaian
a.      Penilaian Pengetahuan
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
3.5.1. Menjelaskan bentuk aljabar variabel

Tes tertulis
Uraian
3. Tentukan: a.variabel,b. Koefisien,c. Konstanta d. suku, e. suku sejenis,, dari bentuk-bentuk aljabar berikut:  a. 9x     ,  b.  3 + 6y + 2,    c. 7 - 8 q – 11  + q + 12 p

3.5.2. Menjelaskan bentuk aljabar konstanta

Tes tertulis
Uraian
3. Tentukan: a.variabel,b. Koefisien,c. Konstanta d. suku, e. suku sejenis,, dari bentuk-bentuk aljabar berikut:  a. 9x     ,  b.  3 + 6y + 2,    c. 7 - 8 q – 11  + q + 12 p

3.5.3. Menjelaskan bentuk aljabar koefisien

Tes tertulis
Uraian
3. Tentukan: a.variabel,b. Koefisien,c. Konstanta d. suku, e. suku sejenis,, dari bentuk-bentuk aljabar berikut:  a. 9x     ,  b.  3 + 6y + 2,    c. 7 - 8 q – 11  + q + 12 p

3.5.4. Menjelaskan bentuk aljabar suku

Tes tertulis
Uraian
3. Tentukan: a.variabel,b. Koefisien,c. Konstanta d. suku, e. suku sejenis,, dari bentuk-bentuk aljabar berikut:  a. 9x     ,  b.  3 + 6y + 2,    c. 7 - 8 q – 11  + q + 12 p

3.5.5. Menjelaskan bentuk aljabar suku sejenis

Tes tertulis
Uraian
3. Tentukan: a.variabel,b. Koefisien,c. Konstanta d. suku, e. suku sejenis,, dari bentuk-bentuk aljabar berikut:  a. 9x     ,  b.  3 + 6y + 2,    c. 7 - 8 q – 11  + q + 12 p

3.5.6. Menjelaskan bentuk aljabar sederhana

Tes tertulis
Uraian
3. Tentukan: a.variabel,b. Koefisien,c. Konstanta d. suku, e. suku sejenis,, dari bentuk-bentuk aljabar berikut:  a. 9x     ,  b.  3 + 6y + 2,    c. 7 - 8 q – 11  + q + 12 p


b.      Penilaian Keterampilan
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
4.5.1. Mengubah permasalahan sehari-hari ke bentuk aljabar

Tes tertulis
Uraian
2. Buat suatu bentuk aljabar yang memiliki koefisien 2 dan konstanta -13. Buat suatu cerita yang hasilnya adalah bentuk aljabar tersebut.


2.    Pembelajaran Remidial
Menyebutkan pengertian bentuk aljabar ; variabel, konstanta, koefisien, suku, suku sejenis, bentuk aljabar sederhana.
3.    Pembelajaran Pengayaan
Membuat prosedur untuk menentukan rumus pola bilangan.
Membuat prosedur untuk menentukan rumus pola bangun geometri.


Mengetahui                                         Kutasari ,     September  2019
Kepala SMP N 2 Kutasari                              Guru Mapel Matematika



            Soderi, S.Pd, M.Pd                                          Prich Purwanti, S.Pd
NIP. 197312122003121005                           NIP. 197109081998022002





Lembar kerja 1
(Lembar Kerja berisi: informasi dan pertanyaan/perintah)
Text Box: LEMBAR KERJA SISWA
Nama kelompok: .....              Kelas: ........
Nama Anggota kelompok : 1...............................................   2.  ........................................
                                               3. ............................................    4. ..........................................


Kegiatan : (K.D. 3.5.1 s.d. 3.5.6)
Kegiatan Kelompok:
Tugas kelompok:

1.	Tuliskan nama anggota kelompokmu di tempet yang tersedia.
2.	Bacalah masalah 3.1 secara berpasangan dalam kelompokmu. Buku paket hlm 198.
3.	Isilah tabel dengan bentuk aljabar yang tersedia.
2,  2x   ,  x + x,   2x + 4,   2x + y + 4,   2x + 3y + 6.
No 	Bentuk Aljabar	Variabel 	Koefisien 	Konstanta 	Suku 	Suku sejenis
1.	2	_	_	2	1	1
2.	2x	x	2	_	1	1
3.	x + x	....	1+ 1 =2	....	2	1
4.	2x + 4	....	....	4	2	1
5.	2x + y + 4	x,  y	... , ....	....	....	....
6.	2x + 3y + 6	... , ....	.... . ....	....	....	....

4.	Tuliskan pengertian : variabel, koefisien, konstanta, suku dan suku sejenis, dengan kata-katamu sendiri.
5.	Buatlah cerita dari bentuk aljabar sederhana : 2x + 3.
6.	a. Tuliskan mana dari nomor 2 s.d. 5 yang sulit .
b.	Tuliskan mana dari nomor 2 s.d. 5 yang mudah.
Lembarkerja2Text Box: Kegiatan Individual:

Nama : ........................................................., Kelas: ............    No absen : ...........................


Tugas Individual:

1.	Isilalah tabel berikut ini., dengan warna-warna Jika : x : kuning,  y : hijau,  konstanta; merah, dengan model geometri yang kamu sukai: persegi, lingkaran,

Bentuk Aljabar	Model
2x + 3	
3y + 2	
2x + 3y + 5	

2. Isilah setiap kolom pada tabel berikut ini dengan bentuk aljabar sederhana minimal tiga dan selesaikanlah.
No 	Bentuk Aljabar	Variabel 	Koefisien 	Konstanta 	Suku 	Suku sejenis
1.						
2.						
3.						

3.Buatlah cerita dari bentuk aljabar berikut ini: 5x + 7.
Lembar kerja 3
Text Box: Tuliskan identitasmu di kertas individual. 
Kerjakan dengan benar soal berikut ini.
1. Buatlah suatu cerita yang bermakna bentuk aljabar 4x + 8. Perjelas makna variabel dari cerita yang kalian buat.
2. Buat suatu bentuk aljabar yang memiliki koefisien 2 dan konstanta -13. Buat suatu cerita yang hasilnya adalah bentuk aljabar tersebut.
3. Tentukan: a.variabel,b. Koefisien,c. Konstanta d. suku, e. suku sejenis,, dari bentuk-bentuk aljabar berikut:  a. 9x     ,  b.  3x^2 + 6y + 2,    c. 7p^2 - 8p^2 q – 11 p^2 + p^2q + 12 pq^2
4. Sederhanakan bentuk-bentuk aljabar berikut: a 5x – 3x ,  b. 7 – 2x – x.
5. Tuliskan bentuk Aljabar yang memuat 4 suku dan dapat disederhnakan menjadi 2 suku.
Lembar kerja 4
Text Box: Pekerjaan Rumah
Petunjuk: Kerjakan soal berikut dengan jelas dan tepat. 

	Tuliskan semua variabel, konstanta,  dan koefisien dari bentuk aljabar di bawah ini:
	7x + 3
Jawab :
	-5x – 8
Jawab :

	3a – 7b – 4c + 6
Jawab :
	– 3x2 + xy + 6y2
Jawab :
	Isilah tabel berikut ini!
No 	SOAL	VARIABEL	KONSTANTA	KOEFISIEN
1.	2x + 5			
2.	2a – b -7			
	〖-x〗^2 + 3y +8			
4	3m + n			
5	〖5xy〗^2 - 3x + 2y - 6
Lembarkerja 5

Kerjakan Soal-soal HOTS pada halaman 205 dan 206 nomor 5,6,7, buku paket Matematika.




Lampiran 1.
Pedoman Penskoran (Penugasan Pertemuan Pertama)

Nomor Soal
Deskripsi Jawaban
Skor
1.a
Diketahui : 7x + 3
Ditanya    : Variabel, Koefisien, Konstanta
Jawab     : Variabel : x
                 Koefisien : 7 koefisien dari x
                 Konstanta : 3
1
1
1
1
1
1.b
Diketahui : –5x – 8
Ditanya    : Variabel, Koefisien, Konstanta
Jawab     : Variabel :  x
                 Koefisien :5  koefisien dari x
                 Konstanta : 8
1
1
1
1
1


1.c
Diketahui : 3a – 7b – 4c + 6
Ditanya    : Variabel, Koefisien, Konstanta
Jawab     : Variabel :  x, y dan z
                 Koefisien : 3 koefisien dari x, 7  koefisien dari y, 4    koefisien dari z.  
                 Konstanta :  6
1
1
1
1

1
1.d
Diketahui : – 3x2 + xy + 6y2
Ditanya    : Variabel, Koefisien, Konstanta
Jawab     : Variabel : x dan y
Koefisien :  – 3 koefisien dari x2, 1 koefisien dari xy, dan  6 koefisien dari y2.
Konstanta : 0
1
1
1
1

1

Jumlah
20
No
SOAL
VARIABEL
KONSTANTA
KOEFISIEN
SKOR
1.
2x + 5
x
5
2
5
2.
2a – b -7
a,   b
-7
2, -1
5

 + 3y +8
x,     y
8
-1,   3
5
4
3m + n
m,    n
_
3,    1
5
5
 - 3x + 2y - 6
x,  y
-6
5,   -3,   2
5
JUMLAH SKOR 1 DAN 2  = 20 + 25 = 45
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :



        NA  =  x 100




Lampiran 2. Power Point








 







Lembar Karja Perbaikan:

1.      Bacalah dan pahami masalah 3.1 halaman 198.
2.      Gambarkan apa yang menjadi masalah dalam bacaan itu.
3.      Buatlah pertanyaan yang bersangkutan dengan gambar di nomor 2. Tulislah.
4.      Gambarlah salah satu huruf untuk mengubah hal yang belum diketahui. (huruf A samapi Z).
5.      Huruf yang digunakan untuk menggantikan sesuatu yang belum diketahui bilangannya disebut apa?
6.      Bentuk yang terjadi dari kardus dalam bacaan berubah menjadi huruf disebut Bentuk Aljabar. Jadi, Bentuk Aljabar adalah ...
7.      Variabel adalah huruf yang digunakan dalam bentuk aljabar.
Variabel dalam masalah di atas adalah...
8.      Bilangan yang berdiri sendiri disebut ...
9.      Bilangan yang menunjukkan banyak variabel disebut...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar