Senin, 07 Oktober 2019

Sekitar Makam suhada perang Uhud


Dari Abu Hurairah r.a. telah berkata , " Rasulullah SAW, bersabda, "Barangsiapa yang memusuhi orang yang Aku kasihi maka Aku telah menyatakan perang terhadapnya. Dan tidaklah seorang hambaKu mendekatkan diri kepada-Ku (bertaqarub) dengan sesuatu yang lebih Kusukai melainkan dengan cara melakukan apa yang Kufardlukan atasnya. Dan tidak akan berhenti hamba-Ku mendekatkan diri kepada-Ku dengan amalan-amalan sunat sehingga Aku menyukainya. Maka bila Aku telah menyukainya, jadilah seolah-olah Aku sebagai pendengarannya yang ia mendengar dengannya, dan sebagai penglihatannya yang ia melihat dengannya, dan sebagai kakinya yang ia berjalan dengannya. Dan bila ia memohon kepada-Ku niscaya Aku mengabulkannya dan bila ia mohon perlindungan kepada-Ku niscaya pula Aku melindunginya." ( Hadits riwayat Imam Bukhari)
Beberapa Penjelasan:
1. Orang yang dikasihi Allah ialah para Nabi, para syuhada' dan sholihin, termasuk para wali-Nya, dan orang-orang Islam yang benar-benar takwa kepada Allah. Mereka itulah para kekasih allah.
2. Cara mendekatkan diri kepada Allah (taqarub Illalah) ialah dengan jalan mengamalkan amalan-amalan sunnat yang banyak itu.
3. Orang yang benar-benar takwa kepada Allah sehingga krkhusyukannya telah setaraf dengan wali Allah, dia tidak pernah berdosa, atau bila berdosa kemudian cepat-cepat mohon ampun Allah.
Firman Allah dalam Alquran Surat Al Fathir (35)ayat 28, artinya "Sesungguhnya yang takut kepada Allah di antara hamba-hambaNya hanyalah ulama."

Wallahua'lambisawab

Tidak ada komentar:

Posting Komentar