SILABUS
Sekolah : SMP Negeri 2 Kutasari
Mata Pelajaran: Keputrian& Imtaq
|
Kelas/ semester : 7,8,9/ 1
Tahun
Pelajaran: 2018/2019
|
||||||||
No
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Tujuan pembelajaran
|
Pelaksanaan pembelajaran
|
Penilaian
|
Instrumen penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber
|
|
1.
|
Tauhid
1.
Memahami bahwa Tuhan Yang Maha Esa adalah Tauhid (Rububiah, Uluhiah, Asma’).
|
-
memahami tuhan yang Maha Esa
|
1.1
Siswa dapat memahami Tauhid Rububiah (Allah Maha
Esa)
1.2
Siswa dapat memahami do’a yang berhubungan dengan
tauhid Uluhiah
1.3
Siswa dapat memhami bahwa Allah SWT memiliki
nama-nama yang merupakan sifat-sifat Allah.
|
1.
Guru mengadakan pertemuan bersama siswa untuk
membahas Tauhid Rububiah.
2.
Guru mengadakan pertemuan bersama siswa untuk
membahas tauhid Uluhiah.
3.
Guru mengadakan pertemuan bersama siswa untuk
membahas Tauhid Asma’
|
Tes
tertulis
|
Terlampir
|
4x
40’
|
Alquran
dan Alhadis,
Buku
Agama Islam dan buku bacaan Islami.
|
|
|
2.Memahami
bahwa Allah SWT, adalah Maha Suci dan menyukai orang-orang yang mensucikan
diri.
|
-
membuat rumusan tentang keadaan orang-orang yang
suci
|
Siswa
dapat membuat rumusan tentang tata cara bersuci dari hadas kecil dan besar.
|
Guru
mengadakan pertemuan bersama siswa untuk membuat rumusan tentang tata cara
bersuci dari hadas kecil dan hadas besar.
|
Tes
tertulis
|
Terlampir
|
10
x 40’
|
Alquran
dan Alhadis,
Buku
agama atau naskah browser.
|
|
.
|
3.Membawakan
cerita yang berkaitan dengan ikhlas.
|
Membawakan
cerita yang merupakan teladan para Nabi dan orang soleh.
|
Siswa
dapat membawakan cerita yang merupakan teladan para Nabi dan orang soleh..
|
Guru
mengadakan pertemuan dengan siswa untukcerita yang merupakan teladan para
Nabi dan orang soleh..
|
Tes
tertulis
|
Terlampir
|
2
x 40’
|
Alquran
dan Alhadis,
Buku
Agama Islam.
|
|
|
4.Menganalisis
cerita Nabi dan orang soleh berdasarkan karakter Rena Go Main
|
Memahami
statistika dan peluang sederhana dalam penelitian ilmiah sederhana
|
Siswa
dapat memahami dan membuat rumusan laporan ilmiah berdasarkan prosedur
ilmiah.
|
Guru
mengadakan pertemuan dengan siswa untuk membahas membuat rumusan laporan
ilmiah berdasarkan prosedur ilmiah.
|
Tes
tertulis
|
Terlampir
|
2
x 40’
|
Alquran
dan Alhadis,
Buku
Agama Islam.
|
|
|
Karakter
yang dikembangkan:
|
Religius
nasionalisme
|
Gotong
royong
Mandiri
|
Integritas
|
|
|
|
|
|
Kutasari, Juli 2018
Mengetahui,
Kepala
Sekolah
Soderi,
S.Pd
NIP.
197312122003121005
|
Koordinator
Keputrian
Prich
Purwanti, S.Pd
NIP 1971090819980220002
|
SILABUS
Sekolah : SMP Negeri 2 Kutasari
Mata Pelajaran: Keputrian& Imtaq
|
Kelas/
semester : 7,8,9/ 2
Tahun Pelajaran:
2018/2019
|
||||||||
|
|
||||||||
No
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Tujuan pembelajaran
|
Pelaksanaan pembelajaran
|
Penilaian
|
Instrumen penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber
|
|
1.
|
Ikhlas
1.Mengetahui
konsep ikhlas dan dapat menerapkan dalam kehidupan sehari-hari.
|
Memahami
arti ikhlas
|
Siswa
dapat memahami arti ikhlas dan memberikan contoh amalan ikhlas..
|
Guru
mengadakan pertemuan bersama siswa untuk membahasikhlas dan amalan yang
bersamanya..
|
Tes
tertulis
|
Terlampir
|
2x
40’
|
Alquran
dan Alhadis,
Buku
agama Islam.
|
|
|
2.Memahami
bahwa muslim dan muslimah harus beribadah baik Mahdoh dan goiru mahdoh.
|
1.
Memahami arti ibadah mahdoh.
2.
Memahami arti ibadah goiru mahdoh.
|
Siswa
dapat memahami arti ibadah mahdoh.
Siswa
memahami arti ibadah goiru mahdoh.
|
Guru
mengadakan pertemuan bersama siswa untuk membahas arti ibadah mahdoh.
Guru
mengadakan pertemuan bersama siswa untuk membahas arti ibadah goiru mahdoh.
|
Tes
tertulis
|
Terlampir
|
2
x 40’
|
Alquran
dan Alhadis,
Buku agama Islam.
|
|
|
3.Memahami
bahwa muslim dan muslimah harus berpegang teguh pada rukun Iman.
|
Memahami
rukun Iman
|
Siswa
dapat memahami rukun Iman.
|
Guru
mengadakan pertemuan bersama siswa untuk membahas rukun Iman.
|
Tes
tertulis
|
Terlampir
|
2
x 40’
|
Alquran
dan Alhadis,
Buku agama Islam.
|
|
|
4.Memahami
bahwa muslim dan muslimah harus berpegang pada rukun Islam.
|
Memahami
Rukun Islam
|
Siswa
dapat memahami rukun Islam.
|
Guru
mengadakan pertemuan bersama siswa untuk membahas rukun Islam.
|
Tes
tertulis
|
Terlampir
|
2
x 40’
|
Alquran
dan Alhadis,
Buku agama Islam.
|
|
|
Karakter
yang dikembangkan:
|
Religius
Nasionalis
|
Gotong
Royong
Mandiri
|
Integritas
|
|
|
|
|
|
Kutasari, Juli 2018
Mengetahui,
Kepala
Sekolah
Soderi,
S.Pd
NIP.
197312122003121005
|
Koordinator Keputrian
Prich Purwanti, S.Pd
NIP 197109081998022002
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar