Rabu, 16 Oktober 2019

KTSP GURU Standar Kelulusan

PEMERINTAH KABUPATEN PURBALINGGA
DINAS PENDIDIKAN
SMP NEGERI 2 KUTASARI
Alamat : Jl. Raya Munjul-Kutasari Telp (0281)894743
KUTASARI PURBALINGGA
Kode Pos 53361 Email: smp-2kts@yahoo.co.id


KURIKLULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN
(KTSP)
STANDAR KELULUSAN PENDIDIKAN
I.                   PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan mengamanatkan bahwa Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) jenjang pendidikan dasar dan menengah disusun oleh satuan pendidikan dengan mengacu kepada Standar Isi (SI) dan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) serta berpedoman pada panduan yang disusun oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP).Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan yang mengacu pada standar nasional pendidikan dimaksudkan untuk menjamin pencapaian tujuan pendidikan nasional. Standar nasional pendidikan terdiri atas: standar isi, standar proses,
standar kompetensi lulusan, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana
dan prasarana, standar pengelolaan, standar pembiayaan, dan standar penilaian
pendidikan. Dua dari kedelapan standar nasional pendidikan tersebut, yaitu Standar
Isi (SI) dan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) merupakan acuan utama bagi satuan
pendidikan dalam mengembangkan kurikulum.                  
Untuk memenuhi amanat Undang-undang tersebut di atas dan guna mencapai
tujuan pendidikan nasional pada umumnya, serta tujuan pendidikan sekolah pada
khususnya, SMP Negeri 2 Kutasari sebagai lembaga pendidikan tingkat menengah
memandang perlu untuk mengembangkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
(KTSP). Melalui KTSP ini sekolah dapat melaksanakan program pendidikannya sesuai
dengan karakteristik, potensi, dan kebutuhan peserta didik. Untuk itu, dalam pengembangannya melibatkan seluruh warga sekolah dengan berkoordinasi kepada pemangku kepentingan di lingkungan sekitar sekolah. Dalam dokumen ini dipaparkan tentang Kurikulum SMP Negeri 2 Kutasari, yang secara keseluruhan mencakup:
1. struktur dan muatan kurikulum;
2. beban belajar peserta didik;
3. kalender pendidikan;
4. silabus, dan
5. rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP)
B. Visi dan Misi
Perkembangan dan tantangan masa depan seperti: perkembangan ilmu pengetahuan
dan teknologi; globalisasi yang sangat cepat; era informasi; dan berubahnya kesadaran
masyarakat dan orang tua terhadap pendidikan memicu sekolah untuk merespon
tantangan sekaligus peluang itu. SMP Negeri 2 Kutasari memiliki citra moral
yang menggambarkan profil sekolah yang diinginkan di masa datang yang diwujudkan
dalam Visi sekolah berikut:
Visi SMP Negeri 2 Kutasari

Visi SMP N 2 Kutasari adalah Santun dalam perilaku, Maju dalam prestasi”
Visi tersebut di atas mencerminkan cita-cita sekolah yang berorientasi ke depan
dengan memperhatikan potensi kekikinian, sesuai dengan norma dan harapan masyarakat.
Untuk mewujudkannya, Sekolah menentukan langkah-langkah strategis yang
dinyatakan dalam Misi berikut:
Misi SMP Negeri 2 Kutasari
Misi SMP N 2 Kutasari yaitu:

1.      Melaksanakan  pembinaan iman dan taqwa secara terencana dan berkelanjutan.
2.      Melaksanakan kegiatan pembelajaran secara aktif, kreatif, efektif, dalam suasana kondusif.
3.      Melaksanakan kegiatan layanan Bimbingan secara efektif dan optimal.
4.      Melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler, bidang akademis dan non akademis secara efektif.
5.      Melaksanakan managemen sekolah yang demokratis dan partisipatif.
6.      Melaksanakan prinsip pemberian penghargaan (Reward) dan hukuman (Punishmen) untuk seluruh warga sekolah.


C. Tujuan Sekolah

a.       Menjadi warga negara yang baik sebagai manusia yang utuh, sehat, kuat lahir batin
b.      Menguasai hasil pendidikan umum yang merupakan kelanjutan dari pendidikan di Sekolah Dasar
c.       Memiliki bekal untuk melanjutkan pelajaran ke sekolah lanjutan tingkat atas dan untuk terjun ke masyarakat
Tujuan pendidikan dalam KTSP adalah untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Esa, berakhlak mulai, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. (kemendiknas; 2010)
Ikrar  Pendidikan Karakter:
Kami, siswa, Pendidik dan Tenaga Kependidikan Indonesia, dengan ini menyatakan:
1.      Pancasila sebagai Ideologi Negara dan pandangan hidup Bangsa Indonesia harus mewujudkan dalam tingkah laku dan karakter Bangsa Indonesia.
2.      Siap mempraktekkan nilai-nilai utama karakter bangsa:
3.      Siap membangun budaya belajar mengajar di sekolah atas dasar nilai-nilai utama karakter bangsa.
a.       Beriman dan bertaqwa
b.      Jujur dan bersih
c.       Santun dan cerdas
d.      Bertanggng jawab dan kerja keras
e.       Disiplin dan kreatif
f.       Peduli dan suka menolong
4.      Bertekad untuk mengawal Empat Pilar Kebangsaan:
a.       Pancasila
b.      Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945
c.       Negara Kesatuan Republik Indonesia
d.      Bhineka Tunggal Ika dalam proses pembelajaran.

D. Standar Kompetensi Lulusan
Untuk mencapai standar mutu pendidikan yang dapat dipertanggungjawabkan
secara nasional, kegiatan pembelajaran di sekolah mengacu pada Standar Kompetensi
Lulusan yang telah ditetapkan oleh BSNP sebagai berikut ini.
1. Berperilaku sesuai dengan ajaran agama yang dianut sesuai dengan perkembangan
remaja
2. Mengembangkan diri secara optimal dengan memanfaatkan kelebihan diri serta
memperbaiki kekurangannya
3. Menunjukkan sikap percaya diri dan bertanggung jawab atas perilaku, perbuatan,
dan pekerjaannya
4. Berpartisipasi dalam penegakan aturan-aturan sosial
5. Menghargai keberagaman agama, bangsa, suku, ras, dan golongan sosial ekonomi
dalam lingkup global
6. Membangun dan menerapkan informasi dan pengetahuan secara logis, kritis,
kreatif, dan inovatif
7. Menunjukkan kemampuan berpikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif dalam pengambilan
keputusan
8. Menunjukkan kemampuan mengembangkan budaya belajar untuk pemberdayaan
diri
9. Menunjukkan sikap kompetitif dan sportif untuk mendapatkan hasil yang terbaik
10. Menunjukkan kemampuan menganalisis dan memecahkan masalah kompleks
11. Menunjukkan kemampuan menganalisis gejala alam dan sosial
12. Memanfaatkan lingkungan secara produktif dan bertanggung jawab
13. Berpartisipasi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara secara
demokratis dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia
14. Mengekspresikan diri melalui kegiatan seni dan budaya
15. Mengapresiasi karya seni dan budaya
16. Menghasilkan karya kreatif, baik individual maupun kelompok
17. Menjaga kesehatan dan keamanan diri, kebugaran jasmani, serta kebersihan
lingkungan
18. Berkomunikasi lisan dan tulisan secara efektif dan santun
19. Memahami hak dan kewajiban diri dan orang lain dalam pergaulan di masyarakat
20. Menghargai adanya perbedaan pendapat dan berempati terhadap orang lain
21. Menunjukkan keterampilan membaca dan menulis naskah secara sistematis dan
estetis
22. Menunjukkan keterampilan menyimak, membaca, menulis, dan berbicara dalam
bahasa Indonesia dan Inggris
23. Menguasai pengetahuan yang diperlukan untuk mengikuti pendidikan menengah atas dan pendidikan tinggi
E. Sasaran Program
Kepala Sekolah dan Para Guru serta dengan persetujuan Komite Sekolah menetapkan
sasaran program, baik untuk jangka pendek, jangka menengah. Sasaran program dimaksudkan untuk mewujudkan visi dan misi sekolah.
SASARAN PROGRAM SEKOLAH                 
SASARAN PROGRAM
1 TAHUN ( 2018 / 2019 )
(Program Jangka Pendek)
SASARAN PROGRAM
4 TAHUN ( 2018/ 2022)
(Program JangkaMenengah)
SASARAN PROGRAM 8 TAHUN ( 2018/2026) (Program jangka Panjang)
1.      Kehadiran Peserta didik, Guru
dan Karyawan lebih dari 96%.

1.       Kehadiran Peserta didik, Guru
dan Karyawan lebih dari 97%.
1.       Kehadiran Peserta didik, guru dan karyawan lebih dari 97,6%)
2. Target pencapaian rata-rata
Nilai Ujian Akhir 6,5.
2. Target pencapaian ratarata
NUAN lulusan 6,8.
2.      Target pencapaian rerata NUNAS lulusan 7,20
3.65 % lulusan melanjutkan ke SMA.K negeri, dan 25% ke SMA/K swasta
3.66 % lulusan melanjutkan ke SMA.K negeri, dan 34 % ke SMA/K swasta
3. 71 % lulusan melanjutkan ke SMA/K negeri dan 29 % ke SMA/K swasta.
4. 55% peserta didik yang
beragama Islam dapat
membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar
4. 65% peserta didik yang
beragama Islam dapat
membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar
3.      70% peserta didik beragama Islam dapat membaca Alquran dengan baik dan benar.
5. Memiliki ekstra kurikuler
unggulan (KIR & Olah Raga)
5.Ekstra kurikuler unggulan
dapat menjuarai tingkat daerah, dan nasional

4.      Ekstrakurikuler unggulan dapat menjuarai tingkat daerah, nasional dan internasional.

SASARAN PROGRAM

Sasaran program tersebut selanjutnya ditindaklanjuti dengan strategi pelaksanaan
yang wajib dilaksanakan oleh seluruh warga sekolah sebagai berikut:
1. Mengadakan pembinaan terhadap peserta didik, guru dan karyawan secara
berkelanjutan;
2. Mengadakan jam tambahan pada pelajaran tertentu;
3. Mengadakan Tadarusan menjelang pelajaran dimulai, kegiatan Jama‟ah
Shalat  Jum‟at, Tadabur Alam, peringatan hari besar Islam,
4. Menjalin komunikasi yang baik dengan Dinas Olah Raga;
5. Pembangunan laboratorium bahasa, ruang keterampilan;
6. Membentuk kelompok belajar;
7. Pengadaan buku penunjang;
8. Pengadaan komputer;
9. Mengintensifkan komunikasi dan kerjasama dengan orang tua;
10. Pelaporan kepada orang tua/ wali murid secara berkala;
11. Kerjasama dengan Kabupaten Administrasi  untuk penyelenggaraan Bimbingan Belajar;
II. KEADAAN DAN POTENSI SEKOLAH
A. Lingkungan Sekolah
SMP Negeri 2 Kutasari terletak di Kecamatan Kutasari kabupaten Purbalingga sebelah Barat. SMA N 1 Kutasari yang berdiri sejak tahun 1997, berada di Barat sekolah. SMA N 1 Kutasari memiliki keterkaitan yang kuat dengan SMP N 2 Kutasari dalam hal tujuankelanjutan studi alumni karena zonasi .
Wilayah utara sekolah, berada kota  kecamatanBojongsari, yang merupakan kota kecamatan pusat pariwisata, tempat yang strategis untuk meningkatkan potensi dan kerja sekolah, Wilayah barat sekolah, adalah kecamatan padamara, tempat perbatasan kota kabupaten purbalingga dengan kota kabupaten purwokerto. Sebelah timur adalah kecamatan purbalingga kulon.
B. Pembiayaan Pendidikan pada Sekolah
Selain hal tersebut, pendidikan satu zonasi SMP  N 2 Kutasari dan SMA N 1 Kutasari, dapat memiliki daya tampung siswa yang lebih luas lagi mengingat pengembangan wilayah tersebut. Apalagi dengan adanya pembiayaan BOS untuk SMP dan SMA yang sudah turun dalam waktu sekarang ini..
Lampiran:

1.      Denah Sekolah
2.      Jadwal Pelajaran
3.      Kalender Akademik
prichpurwanti@yahoo.co.id























Tidak ada komentar:

Posting Komentar