PEMERINTAH
KABUPATEN PURBALINGGA
|
DINAS PENDIDIKAN
|
SMP NEGERI 2 KUTASARI
|
Alamat : Jl. Raya Munjul-Kutasari Telp
(0281)894743
|
KUTASARI PURBALINGGA
|
Kode Pos 53361 Email:
smp-2kts@yahoo.co.id
|
KURIKLULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN
(KTSP)
STANDAR KELULUSAN PENDIDIKAN
I.
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Undang-Undang Republik
Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan
Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional
Pendidikan mengamanatkan bahwa Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)
jenjang pendidikan dasar dan menengah disusun oleh satuan pendidikan dengan
mengacu kepada Standar Isi (SI) dan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) serta
berpedoman pada panduan yang disusun oleh Badan Standar Nasional Pendidikan
(BSNP).Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan yang mengacu pada standar
nasional pendidikan dimaksudkan untuk menjamin pencapaian tujuan pendidikan nasional.
Standar nasional pendidikan terdiri atas: standar isi, standar proses,
standar kompetensi
lulusan, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana
dan prasarana, standar
pengelolaan, standar pembiayaan, dan standar penilaian
pendidikan. Dua dari
kedelapan standar nasional pendidikan tersebut, yaitu Standar
Isi (SI) dan Standar
Kompetensi Lulusan (SKL) merupakan acuan utama bagi satuan
pendidikan
dalam mengembangkan kurikulum.
Untuk memenuhi amanat
Undang-undang tersebut di atas dan guna mencapai
tujuan pendidikan
nasional pada umumnya, serta tujuan pendidikan sekolah pada
khususnya, SMP Negeri
2 Kutasari sebagai lembaga pendidikan tingkat menengah
memandang perlu untuk
mengembangkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
(KTSP). Melalui KTSP
ini sekolah dapat melaksanakan program pendidikannya sesuai
dengan karakteristik,
potensi, dan kebutuhan peserta didik. Untuk itu, dalam pengembangannya melibatkan
seluruh warga sekolah dengan berkoordinasi kepada pemangku kepentingan di
lingkungan sekitar sekolah. Dalam dokumen ini dipaparkan tentang Kurikulum SMP
Negeri 2 Kutasari, yang secara keseluruhan mencakup:
1. struktur dan muatan
kurikulum;
2. beban belajar
peserta didik;
3. kalender
pendidikan;
4. silabus, dan
5. rencana pelaksanaan
pembelajaran (RPP)
B. Visi dan Misi
Perkembangan dan
tantangan masa depan seperti: perkembangan ilmu pengetahuan
dan teknologi;
globalisasi yang sangat cepat; era informasi; dan berubahnya kesadaran
masyarakat dan orang
tua terhadap pendidikan memicu sekolah untuk merespon
tantangan sekaligus
peluang itu. SMP Negeri 2 Kutasari memiliki citra moral
yang menggambarkan
profil sekolah yang diinginkan di masa datang yang diwujudkan
dalam Visi sekolah
berikut:
Visi SMP Negeri 2 Kutasari
Visi SMP N 2 Kutasari adalah “Santun
dalam perilaku, Maju dalam prestasi”
Visi tersebut di atas mencerminkan cita-cita
sekolah yang berorientasi ke depan
dengan memperhatikan potensi kekikinian,
sesuai dengan norma dan harapan masyarakat.
Untuk mewujudkannya, Sekolah menentukan
langkah-langkah strategis yang
dinyatakan dalam Misi berikut:
Misi SMP Negeri 2
Kutasari
Misi SMP N 2 Kutasari yaitu:
1. Melaksanakan
pembinaan iman dan taqwa secara terencana dan berkelanjutan.
2.
Melaksanakan kegiatan
pembelajaran secara aktif, kreatif, efektif, dalam suasana kondusif.
3.
Melaksanakan kegiatan
layanan Bimbingan secara efektif dan optimal.
4.
Melaksanakan kegiatan
ekstrakurikuler, bidang akademis dan non akademis secara efektif.
5.
Melaksanakan managemen
sekolah yang demokratis dan partisipatif.
6.
Melaksanakan prinsip
pemberian penghargaan (Reward) dan hukuman
(Punishmen) untuk seluruh warga
sekolah.
C. Tujuan Sekolah
a.
Menjadi warga negara yang baik
sebagai manusia yang utuh, sehat, kuat lahir batin
b.
Menguasai hasil pendidikan umum
yang merupakan kelanjutan dari pendidikan di Sekolah Dasar
c.
Memiliki bekal untuk
melanjutkan pelajaran ke sekolah lanjutan tingkat atas dan untuk terjun ke
masyarakat
Tujuan pendidikan
dalam KTSP adalah untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi
manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Esa, berakhlak mulai,
sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang
demokratis serta bertanggung jawab. (kemendiknas; 2010)
Ikrar
Pendidikan Karakter:
Kami, siswa,
Pendidik dan Tenaga Kependidikan Indonesia, dengan ini menyatakan:
1.
Pancasila sebagai Ideologi
Negara dan pandangan hidup Bangsa Indonesia harus mewujudkan dalam tingkah laku
dan karakter Bangsa Indonesia.
2.
Siap mempraktekkan nilai-nilai
utama karakter bangsa:
3.
Siap membangun budaya belajar
mengajar di sekolah atas dasar nilai-nilai utama karakter bangsa.
a.
Beriman dan bertaqwa
b.
Jujur dan bersih
c.
Santun dan cerdas
d.
Bertanggng jawab dan kerja
keras
e.
Disiplin dan kreatif
f.
Peduli dan suka menolong
4.
Bertekad untuk mengawal Empat
Pilar Kebangsaan:
a.
Pancasila
b.
Undang-undang Dasar Negara
Republik Indonesia tahun 1945
c.
Negara Kesatuan Republik
Indonesia
d.
Bhineka Tunggal Ika dalam
proses pembelajaran.
D. Standar Kompetensi
Lulusan
Untuk mencapai standar mutu pendidikan yang
dapat dipertanggungjawabkan
secara nasional, kegiatan pembelajaran di
sekolah mengacu pada Standar Kompetensi
Lulusan yang telah ditetapkan oleh BSNP
sebagai berikut ini.
1. Berperilaku sesuai dengan ajaran agama
yang dianut sesuai dengan perkembangan
remaja
2. Mengembangkan diri secara optimal dengan
memanfaatkan kelebihan diri serta
memperbaiki kekurangannya
3. Menunjukkan sikap percaya diri dan
bertanggung jawab atas perilaku, perbuatan,
dan pekerjaannya
4. Berpartisipasi dalam penegakan
aturan-aturan sosial
5. Menghargai keberagaman agama, bangsa,
suku, ras, dan golongan sosial ekonomi
dalam lingkup global
6. Membangun dan menerapkan informasi dan
pengetahuan secara logis, kritis,
kreatif, dan inovatif
7. Menunjukkan kemampuan berpikir logis,
kritis, kreatif, dan inovatif dalam pengambilan
keputusan
8. Menunjukkan kemampuan mengembangkan budaya
belajar untuk pemberdayaan
diri
9. Menunjukkan sikap kompetitif dan sportif
untuk mendapatkan hasil yang terbaik
10. Menunjukkan kemampuan menganalisis dan
memecahkan masalah kompleks
11. Menunjukkan kemampuan menganalisis gejala
alam dan sosial
12. Memanfaatkan lingkungan secara produktif
dan bertanggung jawab
13. Berpartisipasi dalam kehidupan
bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara secara
demokratis dalam wadah Negara Kesatuan
Republik Indonesia
14. Mengekspresikan diri melalui kegiatan
seni dan budaya
15. Mengapresiasi karya seni dan budaya
16. Menghasilkan karya kreatif, baik
individual maupun kelompok
17. Menjaga kesehatan dan keamanan diri,
kebugaran jasmani, serta kebersihan
lingkungan
18. Berkomunikasi lisan dan tulisan secara
efektif dan santun
19. Memahami hak dan kewajiban diri dan orang
lain dalam pergaulan di masyarakat
20. Menghargai adanya perbedaan pendapat dan
berempati terhadap orang lain
21. Menunjukkan keterampilan membaca dan
menulis naskah secara sistematis dan
estetis
22. Menunjukkan keterampilan menyimak,
membaca, menulis, dan berbicara dalam
bahasa Indonesia dan Inggris
23. Menguasai pengetahuan yang diperlukan
untuk mengikuti pendidikan menengah
atas dan pendidikan tinggi
E. Sasaran Program
Kepala Sekolah dan Para Guru serta dengan
persetujuan Komite Sekolah menetapkan
sasaran program, baik untuk jangka pendek,
jangka menengah. Sasaran program dimaksudkan untuk mewujudkan visi dan misi
sekolah.
SASARAN PROGRAM
SEKOLAH
SASARAN
PROGRAM
1 TAHUN ( 2018
/ 2019 )
(Program
Jangka Pendek)
|
SASARAN
PROGRAM
4 TAHUN ( 2018/
2022)
(Program
JangkaMenengah)
|
SASARAN
PROGRAM 8 TAHUN ( 2018/2026) (Program
jangka Panjang)
|
1. Kehadiran Peserta didik, Guru
dan Karyawan lebih dari 96%.
|
1.
Kehadiran
Peserta didik, Guru
dan Karyawan lebih dari 97%.
|
1. Kehadiran
Peserta didik, guru dan karyawan lebih dari 97,6%)
|
2. Target pencapaian
rata-rata
Nilai Ujian Akhir 6,5.
|
2. Target pencapaian ratarata
NUAN lulusan 6,8.
|
2.
Target pencapaian rerata NUNAS lulusan 7,20
|
3.65 % lulusan melanjutkan ke SMA.K negeri, dan 25% ke SMA/K swasta
|
3.66 % lulusan
melanjutkan ke SMA.K negeri, dan 34 % ke SMA/K swasta
|
3. 71 % lulusan melanjutkan ke SMA/K negeri dan 29 % ke SMA/K swasta.
|
4. 55% peserta didik yang
beragama Islam dapat
membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar
|
4. 65% peserta didik yang
beragama Islam dapat
membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar
|
3.
70% peserta didik beragama Islam dapat membaca
Alquran dengan baik dan benar.
|
5. Memiliki ekstra kurikuler
unggulan (KIR & Olah Raga)
|
5.Ekstra kurikuler unggulan
dapat menjuarai tingkat daerah, dan nasional
|
4.
Ekstrakurikuler unggulan dapat menjuarai tingkat
daerah, nasional dan internasional.
|
SASARAN PROGRAM
Sasaran program tersebut selanjutnya ditindaklanjuti dengan strategi
pelaksanaan
yang wajib dilaksanakan oleh seluruh warga sekolah sebagai berikut:
1. Mengadakan pembinaan terhadap peserta didik, guru dan karyawan secara
berkelanjutan;
2. Mengadakan jam tambahan pada pelajaran tertentu;
3. Mengadakan Tadarusan menjelang pelajaran dimulai, kegiatan Jama‟ah
Shalat Jum‟at, Tadabur Alam,
peringatan hari besar Islam,
4. Menjalin komunikasi yang baik dengan Dinas Olah Raga;
5. Pembangunan laboratorium bahasa, ruang keterampilan;
6. Membentuk kelompok belajar;
7. Pengadaan buku penunjang;
8. Pengadaan komputer;
9. Mengintensifkan komunikasi dan kerjasama dengan orang tua;
10. Pelaporan kepada orang tua/ wali murid secara berkala;
11. Kerjasama dengan Kabupaten Administrasi
untuk penyelenggaraan Bimbingan Belajar;
II. KEADAAN DAN POTENSI SEKOLAH
A. Lingkungan Sekolah
SMP Negeri 2 Kutasari terletak di Kecamatan Kutasari kabupaten Purbalingga
sebelah Barat. SMA N 1 Kutasari yang berdiri sejak tahun 1997, berada di Barat
sekolah. SMA N 1 Kutasari memiliki
keterkaitan yang kuat dengan SMP N 2 Kutasari dalam hal
tujuankelanjutan
studi alumni karena zonasi .
Wilayah utara sekolah,
berada kota kecamatanBojongsari, yang
merupakan kota kecamatan pusat pariwisata, tempat yang strategis untuk
meningkatkan potensi dan kerja sekolah, Wilayah barat sekolah, adalah kecamatan
padamara, tempat perbatasan kota kabupaten purbalingga dengan kota kabupaten
purwokerto. Sebelah timur adalah kecamatan purbalingga kulon.
B. Pembiayaan Pendidikan pada Sekolah
Selain hal
tersebut, pendidikan satu zonasi SMP N 2 Kutasari dan SMA N 1 Kutasari, dapat
memiliki daya tampung siswa yang lebih luas lagi mengingat pengembangan wilayah tersebut.
Apalagi dengan adanya pembiayaan BOS untuk SMP dan SMA yang sudah
turun dalam waktu sekarang ini..
Lampiran:
1. Denah Sekolah
2. Jadwal Pelajaran
3. Kalender Akademik
prichpurwanti@yahoo.co.id
Tidak ada komentar:
Posting Komentar